Di usianya yang baru 20 tahun, Dereck Lively II telah menjadi center yang andal untuk Dallas Mavericks. Dia adalah salah satu pemain debutan yang mengesankan untuk angkatan 2023. Lively rata-rata mencetak 8,8 poin, 6,9 rebound, dan 1,4 blok per gim di musim reguler. Serta membantu Mavericks sampai ke Final NBA 2024. 

Lively telah menunjukkan bahwa dia adalah masa depan Dallas Mavericks, dan dia memuji kepala pelatih Jason Kidd karena membantunya tumbuh menjadi dirinya sendiri secepat yang dia lakukan. Di babak Playoff, menit bermainnya lebih sedikit, namun memberi berdampak besar. Karena Lively meningkatkan efisiensi tembakannya menjadi 65,8 persen, dan blok dengan rata-rata 2,3 tembakan per gim.

"Dia (Jason Kidd) menempatkan saya pada posisi yang dia perkirakan saya akan gagal, dan bahkan jika saya gagal, dia akan meninggalkan saya di sana untuk belajar. Gaya kepelatihannya sangat cocok dengan saya," kata Lively.

Meski berstatus pendatang baru, Lively telah membuktikan dirinya pantas mendapatkan pujian. Dia adalah center yang sempurna untuk dipasangkan dengan Luka Doncic, karena dia tahu cara berlari ke tepi lapangan setelah melakukan pick dan dia adalah finisher yang andal. Serangan Mavericks terutama berkisar pada pick-and-roll dengan Luka Doncic, dan pasangan Lively dan Daniel Gafford secara signifikan meningkatkan efisiensi mereka. 

Mereka fokus mengarahkan bola ke dalam paint area dan menyelesaikannya dengan dunk atau layup. Dengan playmaker seperti Doncic dan Kyrie Irving, Lively dan pemain besar lainnya harus terus memainkan gaya yang berani untuk memberikan kontribusi yang besar. Dukungan Kidd sangat penting bagi Lively, yang membuatnya beradaptasi dengan baik di NBA. Sebagian besar kemampuannya berkat kepala pelatih yang memberikan peluang, dan memberinya ruang untuk belajar dan pulih dari kesalahan tersebut.

"Memiliki pelatih seperti itu, membuat para pemain berani berbicara, membuat para pemain berbicara satu sama lain, lalu dia berbicara, itu adalah proses yang luar biasa… Ada banyak kritik terhadapnya, tapi saya tidak mengerti alasannya. Saya merasa dia adalah pelatih yang luar biasa dan orang yang luar biasa," kata Lively tentang Jason Kidd.

Jason Kidd kini telah tumbuh dan menjadi dewasa, secara efektif memotivasi pemain muda seperti Lively untuk membangun kepercayaan diri mereka dan berkembang menjadi pemain peran yang dapat diandalkan di tim berkaliber juara. Meskipun gelar juara pada tahun 2024 belum menjadi jaminan bagi Dallas Mavericks, namun masa depan tampak menjanjikan dengan Kidd sebagai pembimbing Luka, Kyrie, dan Lively. (*)

Foto: USA Today

Komentar