IBL

Tahukah Anda, bahwa liga tetap dengan pendiriannya, bahwa tidak ada hadiah uang untuk juara NBA 2024. Tapi para pemain mendapatkan sedikit tambahan bonus untuk tim yang lolos ke playoff, hingga babak final. Bonus tersebut diberikan kepada klub. 

Para pemain NBA bermain selama 6 hingga 7 bulan di lapangan basket. Mereka berjuang agar timnya bisa menjadi yang terbaik dari 29 tim lainnya, dan untuk mendapatkan Trofi Larry O'Brien yang bergengsi. Ternyata NBA tidak memberikan hadiah uang tunai (secara langsung) sebagai juara NBA. Setiap tim hanya akan mendapatkan bonus, yang ditentukan dari peringkat mereka di playoff. 

Hal ini sangat berbeda dengan banyak liga olahraga lainnya yang membayar sejumlah besar uang untuk tim yang mendapatkan gelar juara. Meskipun NBA sendiri dilaporkan tidak diwajibkan secara kontrak untuk melakukan hal tersebut, pemenang tetap mendapatkan bonus tambahan melalui sistem yang dikenal sebagai Players Playoff Pool.

Tim-tim playoff berfokus pada akumulasi semua uang yang dihasilkan dari tiket yang terjual selama pertandingan pascamusim. Ini termasuk babak pertama playoff, Semi Final Konferensi, Final Konferensi, dan Final NBA. Di akhir turnamen, kedelapan tim yang lolos ke babak playoff akan diberikan persentase dari jumlah yang dikumpulkan dari tiket. Semakin tinggi pencapaian sebuah tim selama playoff, maka semakin banyak pula yang didapatnya.

Menurut Marca dan NBC Sports, tim yang lolos ke babak playoff tahun lalu mendapat hingga 402 ribu dolar Amerika. Sedangkan tim yang lolos ke Semifinal Konferensi masing-masing menerima 478 ribu dolar Amerika, dan tim yang lolos ke Final Konferensi masing-masing mendapat 791 dolar Amerika. Miami Heat yang kalah di Final NBA, dilaporkan menerima 3,16 juta dolar Amerika, dan Denver Nuggets sebagai juara menerima 4,77 juta dolar Amerika. Dengan memasukkan semua yang mereka terima dari empat tahap playoff, maka Nikola Jokic dan rekan-rekan membawa pulang bonus uang sebesar 7,8 juta.

Bagaimana untuk tahun 2024?

Untuk pertama kalinya, Dallas Mavericks dan Boston Celtics akan bertarung memperebutkan gelar juara. Kedua tim mencapai tahap ini setelah melawan beberapa tim underdog lainnya yang sukses musim ini. Mengingat antusiasme yang dihasilkan dari pertarungan selama babak playoff, terdapat ekspektasi bahwa "Prize Pool" akan meningkat pesat tahun ini. 

Menurut Sportico, ada rincian uang yang diterima tim yang masuk playoff. Tim yang lolos ke babak pertama playoff menerima 453 ribu dolar Amerika, lalu tim yang berhasil mencapai Semifinal Konferensi    mendapatkan 552 ribu dolar Amerika. Tim yang lolos ke Final Konferensi mendapatkan uang senilai 923 ribu dolar Amerika. Untuk dua tim yang melaju ke Final NBA, rinciannya adalah 3,69 juta dolar untuk yang kalah, dan 8,5 juta dolar Amerika bagi yang menang. (*)

Foto: NBCMiami.com

Komentar