IBL

Boston Celtics lebih diunggulkan dalam Final NBA 2024 dibandingkan Dallas Mavericks. Tetapi Magic Johnson memberi peringatan untuk tidak meremehkan lawan. Legenda hidup NBA dan Los Angeles Lakers itu berkaca pada masa lalu.

“Celtics seharunys memenangkan seri final ini. Tapi saya pernah melihat sebelumnya, tim yang lebih diunggulkan justru kalah. Tidakkah kalian ingat Final NBA 2004 antara Lakers dan (Detroit) Pistons)?” kata Johnson dilansir melalui Fadeaway World.

Dalam Final NBA 2004 itu, Lakers dihuni oleh pemain-pemain jempolan. Seperti Kobe Bryant, Shaquille O’Neal, Gary Payton, dan Karl Malone. Tapi Lakers keok dari Pistons 4-1. Itu menjadi gelar ketiga Pistons di NBA dan terakhir kalinya mereka mengangkat trofi Larry O’Brien.

“Chauncey Billups, Richard Hamilton, dan Ben Wallace membuat saya kecewa dengan Lakers. Bahkan dengan empat pemain yang nantinya masuk Hall of Fame seperti Kobe Bryant, Shaq, Gary Payton, dan Karl Malone. Lakers bahkan memiliki Horace Grant!” tegas Johnson.

Johnson membandingkannya dengan Celtics. Secara komposisi pemain, Celtics memiliki roster yang lebih dalam. Bahkan nyaris sempurna di semua aspek. Ada jayson Tatum, Jaylen Brown, Derrick White, Jrue Holiday, hingga Kristap Porzingis.

Celtics membuktikannya dengan menguasai Wilayah Timur pada musim 2023-2024. Tim asuhan Joe Mazzulla itu menjadi unggulan pertama (64-18) dan satu-satunya tim yang mencapai 60 kemenangan pada musim ini.

Pada babak playoff, Celtics tak terhentikan. Hanya kalah dua gim. Mereka melalui ronde pertama 4-1 atas Miami Heat. Kemudian menyingkirkan Cleveland Cavaliers dengan skor yang sama. Celtics menyapu bersih Indiana Pacers di Final Wilayah Timur 2024.

“Mavericks pastinya memiliki peluang memenangkan gelar sebagai tim yang sedang panas saat ini. Mereka penuh rasa percaya diri yang tinggi. Tapi Luka dan Kyrie tidak memiliki kemewahan istirahat lebih lama seperti saat melawan Timberwolves, karena setiap starter Celtics memiliki ancaman membuat poin,” kata pemilik lima cincin juara itu.

Berbeda dengan Mavericks. Mereka memang memiliki duet pemain berbakat yaitu Luka Doncic dan Kyrie Irving. Mavericks memiliki rekor 50-32 dan menjadi tim kelima dengan unggulan kelima dalam sejarah yang mencapai Final NBA.

Langkah Maverick juga lebih berliku menjadi juara Wilayah Barat 2024. Mereka mengalahkan Los Angeles Clippers 4-2. Lalu menang dengan skor yang sama dari Oklahoma City Thunder. Mereka unggul atas Minnesota Timberwolves 4-1.

“Perbedaan besar lainnya pada seri final ini adalah Dallas tidak membiarkan Luka dan Kyrie dalam foul trouble, Di sisi lain, Celtics bisa mengatasi saat Jaylen atau Jayson terlibat foul trouble. Mereka bisa mengganti mereka dengan kedalaman skuad cadangannya,” ujar Johnson. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar