IBL

Final NBA 2024 memiliki catatan tersendiri. Final tersebut menyajikan adu strategi dari pelatih Jason Kidd (Dallas Mavericks) vs Joe Mazzulla (Boston Celtics). Ternyata mereka merupakan pasangan pelatih kulit hitam kedua (ketiga secara tidak resmi) yang berlaga di Final NBA.

Tentu itu adalah jumlah yang teramat sangat kecil dalam sejarah liga. NBA sudah berlangsung sejak tahun 1946. Pada tahun ini merupakan edisi NBA yang ke-78.

Pasangan pelatih kulit hitam pertama yang tampil di Final NBA adalah Al Attles dan KC Jones. Momen tersebut terjadi pada Final NBA 1975. Attles membesut Golden State Warriors. Jones merupakan pelatih Washington Bullets.

Attles merupakan pelatih yang mengantar Warriors menjadi juara NBA untuk ketiga kalinya. Mereka mengalahkan Bullets 4-0 pada Final NBA 1975. Pada tahun tersebut, Rick Berry dinobatkan sebagai MVP Final.

Momen kedua terjadi pada Final NBA 2017. Tapi ini dianggap secara tidak resmi. Final NBA 2027 mempertemukan Warriors dan Cleveland Cavaliers. Tyronn Lue menjadi pelatih Cavaliers. Tapi Warriors dipimpin oleh Steve Kerr yang merupakan kulit putih.

Hanya saja, pada babak final tersebut, Kerr tidak bisa mendampingi di pinggir lapangan. Ia mengalami cedera punggung. Alhasil, asisten pelatih Mike Brown yang memberi instruksi di pinggir lapangan selama Final NBA 2017.

Lagi-lagi Warriors berhasil menjadi juara. Pada Final NBA 2017 itu, mereka menumbangkan Cavaliers 4-1. Kevin Durant menjadi MVP Final. Itu menjadi gelar NBA Warriors yang ke-5. Kini Warriors telah mengoleksi tujuh gelar sejak berdiri pada 1946 dengan nama Philadelphia Warriors.

Dengan fakta tersebut, Kidd vs Mazzulla di Final NBA 2024 menjadi pasangan pelatih kulit hitam kedua secara resmi selama 78 tahun. Keduanya memiliki ras campuran. Ayah Kidd keturunan Afrika-Amerika dan ibunya dari Irlandia. Sedangkan Mazzulla memiliki ayah dari Italia dengan ibu kulit hitam Amerika.

Menariknya, dalam dua final bersejarah tersebut, ada sosok Kyrie Irving yang selalu terlibat. Irving juga tampil di Final NBA 2017. Saat itu ia menjadi pemain Cavaliers. Pada tahun sebelumnya, Irving meraih cincin pertamanya. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar