IBL

Jayson Tatum tampil untuk kedua kalinya di Final NBA. Pada Final NBA 2022, Boston Celtics tumbang 4-2 dari Golden State Warriors. Tatum melihat Final NBA 2024 ini sebagai kesempatan kedua dan ingin memperbaiki kesalahan.

“Banyak yang kami pelajari dari pengalaman tampil di Final NBA. Tahun ini akan berbeda. Kami sudah pernah bermain di final sebelumnya dan kami gagal. Kami mendapat kesempatan besar dengan melangkah ke Final NBA lagi,” kata Tatum dilansir melalui ESPN.

Pada Final NBA 2022 itu, Tatum memasuki musim kelimanya. Beberapa pemain inti masih bertahan setelah dua musim berlalu. Selain Jaylen Tatum, masih ada Jaylen Brown, Derrick White, hingga Al Horford.

“Anda tidak selalu mendapat kesempatan kedua. Jadi, bisa meraih kesempatan masuk ke Final NBA lagi adalah sesuatu yang besar dan kami berupaya untuk memperbaikinya. Ini adalah kesempatan berikutnya yang harus kami menangkan,” kata pemain dari Duke University itu.

Pada seri terakhir dua tahun yang lalu, Tatum memang tidak bisa bermain dengan maksimal. Ia mengalami cedera pergelangan tangan. Ia hanya mencetak 6/18 tembakan saat Celtics kalah di Gim 6. Celtics kalah 103-90. Warriors kemudian berpesta di TD Garden, Boston.

Musim berikutnya juga tidak berakhir menyenangkan. Celtics kalah dramatis dari Miami Heat dalam tujuh gim di Final Wilayah Timur 2023. Padahal Heat saat itu berstatus sebagai unggulan kedelapan.

Lagi-lagi Tatum tidak bisa bermain secara maksimal pada momen krusial itu. Pergelangan kakinya bermasalah di gim awal. Celtics sempat tertinggal 3-0. Mereka berupaya menjadi tim pertama yang bangkit setelah tertinggal 3 gim. Tapi tetap saja kandas di Gim 7.

Celtics berbenah pada musim 2023-2024. Mereka merekrut Kristaps Porzingis dan Jrue Holiday. Celtics melangkah mulus di Wilayah Timur sebagai unggulan pertama (64-18). Mereka menyingkirkan Heat (4-1), Cleveland Cavaliers (4-1), dan Indiana Pacers (4-0).

NBA Final 2024 akan dimulai pada Kamis (6/6) mendatang atau Jumat (7/6) WIB. Celtics akan berhadapan dengan Dallas Mavericks. Dua gim pertama diadakan di TD Garden, Boston. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar