IBL

Hampir seluruh kalender lig basket internasional telah berakhir Juni ini. Bisa dibilang, hanya NBA dan beberapa liga Eropa yang masih berlangsung dan akan selesai dalam kurun 2-3 pekan ke depan. Pun demikian, para pecinta basket dipastikan tidak akan kehabisa tontonan. 

Ya, setelah NBA berakhir, publik pecinta basket akan dihadapkan dalam rangkaian jelang Olimpiade 2024 Paris yakni Olympic Qualifying Tournament (OQT). Digelar di empat tempat, OQT juga akan menghasilkan empat tim terakhir yang lolos ke babak utama Olimpiade 2024 Paris. 

Salah satu tim yang bersaing dan juga menjadi tuan rumah di OQT adalah Latvia. Digelar di Riga, Latvia akan bersaing dengan Georgia dan Filipina diGrup A serta Brazli, Kamerun, Montenegro di Grup B. Pemenang OQT Riga ini akan bergabung di Grup B bersama Prancis, Jerman, dan Jepang. 

Dalam rangka persiapan menyambut OQT, Latvia akhirnya mengumumkan skuad pemusatan latihan mereka. Masih di bawah komando Luca Banchi, Latvia memanggil 24 nama yang nantinya akan berkurang menjadi 15-16 nama unguk pemusatan latihan pada 17 Juni. Tentunya, perubahan-perubahan akan terjadi melihat situasi pemain yang ada sebelum tanggal tersebut. 

Seluruh 12 nama yang bermain dan mengantarka Latvia finis di peringkat lima Piala Dunia FIBA 2023 ada di daftar. Termasuk bintang muda mereka kala itu, Arturs Zagars yang baru sembuh dari cedera ACL beberapa waktu lalu. Kristaps Porzingis juga masuk daftar meski jadwal akan berjarak sangat dekat dengan Final NBA 2024. 

Bertans bersaudara, Dabis dan Dairis juga masih menjadi veteran yang diperlukan tim. Bintang-bintang liga Eropa seperti Rolands Smith, dan Kururcs Bersaudara, Rodions serta Arturs juga masih menjadi andalan. Pemain yang pernah membela Orlando Magic, Janis Timma, juga ada. 

OQT akan digelar pada 2-7 Juli 2024 secara serentak. Selain Riga, tuan rumah lain adalah San Juan (Puerto Riko), Valencia (Spanyol), dan Piraeus (Yunani). Basket Olimpiade 2024 sendiri akan dimainkan pada 27 Juli sampai 11 Agustus. (DRMK)

Berikut daftar 24 pemain Latvia:

Rodions Kurucs
Kriss Helmanis
Ojars Silins
Mareks Mejeris
Kristaps Porzingis
Davis Bertans
Dairis Bertans
Janis Timma
Rolands Smits
Arturs Strautins
Janis Strelnieks
Artis Ate
Klavs Cavars
Rohards Lomazs
Aigars Skele
Andrej Grazulis
Martins Laksa
Marcis Steinbergs
Anzecs Pasecniks
Karlis Silins
Toms Leimanis
Arturs Kurucs
Arturs Zagars
Kristers Zoriks

Foto: FIBA

Komentar