Luka Doncic dan Kyrie Irving adalah dua tokoh sentral dalam keberhasilan Dallas Mavericks lolos ke Final NBA 2024. Datang sebagai tim dengan status unggulan kelima, Mavericks berhasil mengalahkan Los Angeles Clippers (unggulan keempat), Oklahoma City Thunder (unggulan pertama), dan Minnesota Timberwolves (unggulan ketiga). 

Namun, di luar keduanya, ada satu nama yang mendapatkan apresiasi tinggi, Dereck Lively II. Utamanya di seri melawan Timberwolves, Lively memainkan peran besar. Bahkan, saat Lively absen karena benturan di kepalanya, Mavericks kehilangan Gim 4 dan gagal melakukan sapu bersih. 

Usai Gim 5 melawan Timberwolves, Lively yang mendapatkan sorotan dari kamera sosial media Instagram tampak emosional. "Saya berharap ibu saya ada di sini," buka Lively. "Keberhasilan ini berarti banyak untuk saya. Saya melakukan segalanya untuk sampai di sini dan saya sangat senang bisa melewatinya. Saya belum pernah berprestasi sebaik ini untuk waktu yang lama, saya bersyukur".

Ya, Lively memang sangat merindukan ibunya, Kathy Drysdale. Kathy meninggal dunia di usia 53 tahun April lalu setelah bertarung cukup lama melawan kanker. Lively yang masih tinggal bersama ibunya sebelum meninggal dunia selalu memberi penghormatan tinggi. Ia menyebut bahwa ibunya adalah sosok terpenting dalam karier basketnya yang terus berkembang. 

Secara statistik, Lively memang bukan yang sangat istimewa. Sepanjang Playoff, ia membuat rataan 8,6 poin, 7,2 rebound, 1,6 asis, dan 1,2 blok per gim. Akan tetapi, Lively adalah kompatriot tepat untuk Doncic dan Irving, utamanya saat Daniel Gafford istirahat. Lively hampir selalu jadi pemberi screen pertama untuk kedua bintang utama Mavericks tersebut. 

Selain itu, Lively juga bergerak efektif memanfaatkan semua peluang. Ia membuat sejarah setelah menembak sempurna (16/16) sepanjang Final Wilayah Barat. Ini adalah rekor tembakan masuk terbanyak tanpa meleset sepanjang sejarah satu seri Playoff NBA. 

Kini, Lively hanya berjarak empat kemenangan untuk membuat mendiang ibunya tersenyum lebar dari atas sana. Perjuangan Lively dimulai pada Gim 1 Final NBA 2024, Kamis (6/6), waktu setempat. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar