Goldin Auction baru saja melelang sebuah kartu basket Michael Jordan langka dengan harga yang fantastis. Kartu ini hanya ada satu di dunia dan terjual dengan harga 2,928 juta dolar Amerika atau sekitar 47,5 miliar rupiah. Menurut Goldin Auction, ini adalah rekor tertinggi dari semua lelang kartu basket Michael Jordan. 

Kartu tersebut adalah Jordan Logoman, bertanda tangan, Koleksi Ultimate Deck tahun 2003-2004, dengan nomor seri 1-per-1. Dengan kata lain, tidak ada duanya di dunia ini. Karena di dalam kartu tersebut terdapat potongan logo NBA dari seragam pertandingan Michael Jordan, yang biasanya hanya terdapat satu salinan saja. 

Menurut Dan Hajducky dari ESPN, kartu tersebut merupakan Jordan Logoman pertama yang menampilkan jersei Chicago Bulls. Juga menerima nilai "Otentik" dan Auto-10 atau nilai sempurna di kartu dari PSA penilai kartu. Hajducky mencatat bahwa kartu tersebut tidak ditemukan secara publik hingga tahun 2022. 

"Kata-kata tidak bisa mengungkapkan makna sejarah dan pentingnya kartu ini. Tidak diragukan lagi, ini adalah kartu Michael Jordan terbaik, paling berharga, dan paling dicari, yang pernah diproduksi," ujar Ken Goldin, CEO dan pendiri Goldin, menyoroti pentingnya keberadaan kartu tersebut. 

Penjualan terbaru ini memang menjadi rekor tertinggi untuk kartu Michael Jordan, namun belum bisa mengalahkan rekor penjualan memorabilia tahun 2022. Kartu Topps tahun 1952 milik Mickey Mantle terjual seharga 12,6 juta dolar Amerika pada tahun 2022. Jersei Jordan yang dikenakan dalam pertandingan dari Gim 1 Final 1998 memegang rekor memorabilia olahraga termahal sepanjang masa setelah dijual seharga 10,1 juta dolar Amerika pada tahun 2022. (*)

Foto: Goldin Auction

Komentar