Sekitar sebulan lalu, manajemen Los Angeles Lakers memecat kepala pelatih Darvin Ham. Pelatih berusia 50 tahun tersebut diberhentikan dari pekerjaannya setelah dua musim. Tidak mudah menjadi kepala pelatih tim sebesar Lakers. Tekanan diberikan kepada pelatih setiap hari, terlebih karena ada LeBron James dalam daftar pemainnya. Namun setelah itu, Ham kabarnya dapat tawaran dari Phoenix Suns, dan dia menolaknya. 

Menyusul pemecatan Ham dari Lakers, Phoenix Suns juga melakukan hal serupa. Setelah mereka tersingkir dari babak playoffs dari Minnesota Timberwolves, manajemen Suns memberhentikan Frank Vogel. Kemudian pada 11 Mei 2024, Suns mengumumkan pelatih baru yaitu Mike Budenholzer. Mantan pelatih Milwaukee Bucks yang menjadi juara tahun 2021 dengan mengalahkan Suns di Final NBA. 

Dikutip dari laporan Marc Stein, manajemen Suns menghubugi Darvin Ham dan memberikan tawaran sebagai asisten pelatih. Namun Ham menolak tawaran tersebut. Kabarnya, Mike Budenholzer sendiri yang meminta Ham bergabung dengan Suns. 

"Sumber liga mengatakan bahwa Budenholzer berusaha meyakinkan Darvin Ham untuk bergabung sebagai stafnya. Tetapi Ham memilih untuk tidak mengambil pekerjaan tersebut setelah dua musim yang melelahkan di Los Angeles. Akhirnya Suns meminta David Fizdale, mantan staf Frank Vogel, untuk mendampingi Budenholzer, setelah awalnya dia masuk jajaran manajemen Suns," tulis Marc Stein. 

Foto: Sports Illustrated

Budenholzer dan Ham memiliki sejarah bersama. Ham adalah asisten di bawah Budenholzer saat menjadi pelatih kepala Atlanta Hawks dari 2013-2014 hingga 2017-2018. Sekali lagi, Ham menjadi staf Budenholzer di Milwaukee Bucks dari 2018-2019 hingga 2021-2022. Musim berikutnya, Ham menjadi kepala Lakers.

Sebelum menjadi asisten pelatih di Atlanta dan Milwaukee, Ham adalah asisten pelatih Lakers pada 2011-2012 dan 2012-2013. Ham juga bermain delapan musim di NBA dan memenangkan gelar bersama Detroit Pistons pada tahun 2004. Dua musimnya sebagai pelatih kepala membuatnya finis dengan rekor 90-74 di musim reguler dan rekor 9-12 di playoff. (*)

Foto: NewsWeek.com

Komentar