IBL

Kepala pelatih tim nasional Yunani Vassilis Spanoulis mengonfirmasi bahwa superstar Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo akan bermain di Turnamen Kualifikasi Olimpiade FIBA di Piraeus, Yunani. Tuan rumah Yunani akan menghadapi Republik Dominika pada 3 Juli, dan Mesir pada 4 Juli, di Peace and Friendship Stadium, SEF. 

"Giannis akan hadir bersama tim nasional di Kualifikasi Olimpiade," kata Spanoulis, dikutip dari EuroHoops.

Tentunya ini menjadi kabar baik untuk penggemar bola basket di Yunani, karena Giannis Antetokounmpo dipastikan bergabung dengan tim nasional untuk Turnamen Kualifikasi Olimpiade FIBA. Antetokounmpo akan membantu timnya menuju Olimpiade Paris 2024.

Partisipasi pemain berjuluk "Greek Freak" ini sempat dipertanyakan karena cedera serius yang ia hadapi bersama Bucks sebelum dimulainya playoff NBA. Kini keikutsertaannya sudah ditentukan, yang bisa berdampak serius pada nasib Yunani. Karena turnamen akan diadakan di Piraeus, Yunani, tentu saja "Hellas" akan memiliki keuntungan dalam pencarian tiket menuju Olimpiade.

Pada bulan Februari lalu, Giannis mengemukakan keinginan membela tim Yunani, khususnya setelah adanya pelatih baru tim nasional dan ikon EuroLeague Vassilis Spanoulis. 

"Dia mengatakan sesuatu kepada saya ketika kami bertemu dalam latihan dan setelah enam bulan saya memenangkan kejuaraan. Dimitris Itoudis adalah pelatih yang sangat baik dan kerja sama saya dengannya sangat luar biasa, saya berharap saya berada di Piala Dunia FIBA bersamanya. Tapi, Spanoulis adalah idola kami semua yang kini berada di tim nasional dan saya berharap kami bisa melakukan sesuatu yang lebih," kata Giannis.

Jika Yunani berhasil menempati peringkat pertama atau kedua di Grup B babak penyisihan, maka mereka akan melaju ke babak eliminasi tunggal melawan Kroasia, Slovenia, atau Selandia Baru. Mereka akan memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. (*)

Foto: EuroHoops

Komentar