Dallas Mavericks kembali ke Final NBA!. Kepastian ini mereka dapatkan setelah menggulung Minnesota Timberwolves di Gim 5 dengan skor akhir 124-101. Ini adalah Final NBA ketiga dalam sejarah Mavericks. Terakhir kali mereka ke final terjadi pada 2011 di mana saat itu Jason Kidd adalah salah satu kunci Mavericks keluar sebagai juara. 

Gim 5 berjalan sangat timpang. Luka Doncic tampil super agresif dan efektif. Doncic mencetak 20 poin di kuarter pertama, jumlah yang lebih banyak dari catatan Timberwolves secara keseluruhan tim. Doncic pun akhirnya membawa pulang trofi Magic Johnson atau pemain terbaik (MVP) Final Wilayah Barat. Sebelum Doncic, gelar ini juga jatuh kepada Stephen Curry (2022) dan Nikola Jokic (2023). 

Luka Doncic Mavericks Timberwolves Playoff NBA 2024

Doncic dan Kyrie Irving masing-masing 36 poin. Doncic dobel-dobel dengan 10 rebound dan tambahan 5 asis. Catatan asis yang sama dimiliki oleh Irving. Keduanya juga sama-sama memasukkan 14 tembakan. Doncic dari 22 percobaan sedangkan Irving menembak 27 kali. 

Sepanjang seri ini, duet Doncic dan Irving unggul 76 poin dari duet Karl-Anthony Towns dan Anthony Edwards. Dalam lima gim ini, duet Doncic-Irving unggul empat gim atas Towns-Edwards. 

P.J. Washington menambahkan 12 poin dan 7 rebound dari 4/9 tembakan. Daniel Gafford melengkapi dengan 11 poin dan 9 rebound. Kembali bermain, Dereck Lively II memberikan bantuan besar dengan 9 poin, 8 rebound, 3 asis, dan 3 blok. 

Timberwolves hanya punya dua nama dengan dua digit poin dan mereka adalah Edwards dan Towns. Keduanya masing-masing mencetak 28 poin. Towns dobel-dobel 12 rebound, sementara Edwards menambahkan 8 rebound plus 6 asis. 

Mavericks sudah ditunggu Boston Celtics yang sudah lolos lebih dulu ke final setelah menumbangkan Indiana Pacers dalam empat laga saja. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar