Bill Walton, center Hall of Fame bola basket yang memenangkan dua gelar nasional di UCLA, dua gelar juara NBA di Portland dan Boston meninggal dunia pada hari Senin (27/5) Waktu Amerika Serikat, setelah perjuangan berkepanjangan melawan kanker. Dikutip dari rilis berita NBA, Walton meninggal di usia 71 tahun, dan keperiannya dilepas oleh seluruh anggota keluarganya. 

Perjalanan bola basket Walton dimulai di UCLA, di mana pemain tengah berkepala merah setinggi 6 kaki 11 inci itu membintangi pelatih legendaris John Wooden dan memimpin Bruins meraih kejuaraan nasional pada tahun 1972 dan 1973, keduanya dalam musim sempurna 30-0. Dalam perebutan gelar juara tahun 1973, Walton melakukan 22 tembakan dan hanya gagal satu kali, mencetak rekor 44 poin. Tim ini pernah memenangkan 88 pertandingan berturut-turut, rekor NCAA yang masih bertahan sampai saat ini. 

Meski begitu, Walton dan Wooden berulang kali berselisih soal masalah budaya dan politik, termasuk rambut panjang Walton dan protesnya terhadap Perang Vietnam. Pada Mei 1972, Walton ditangkap pada demonstrasi antiperang di kampus Los Angeles. Menurut postingan di halaman Facebook Perpustakaan UCLA, Wooden-lah yang menyelamatkannya.

Pria besar dengan tembakan hook yang bagus ini adalah pemain pilihan No. 1 di NBA Draft 1974 oleh Portland Trail Blazers dan memimpin tim tersebut meraih satu-satunya kejuaraan NBA pada tahun 1977. Dia dinobatkan sebagai Pemain Paling Berharga Final NBA di babak playoff tersebut, dan musim berikutnya dia dinobatkan sebagai MVP musim reguler NBA.

Pernyataan politiknya membuatnya menjadi sosok yang kontroversial. Pada bulan April 1975, Walton menyerukan penolakan terhadap pemerintah AS dan menyebut FBI, yang pernah menanyainya, sebagai "musuh," menurut liputan di New York Times. Ratusan penggemar meminta dia untuk diperdagangkan dan manajemen tim mengecam pernyataannya tetapi tetap mempertahankannya dalam daftar.

Karier Walton tergelincir karena serangkaian cedera. Dia meninggalkan Portland untuk bermain untuk San Diego/Los Angeles Clippers dari 1979 hingga 1985 tetapi tidak pernah mencapai puncak musim-musim sebelumnya dan berjuang melalui cedera kaki dan lutut, yang menyebabkan hampir 40 operasi ortopedi dalam hidupnya menurut hitungannya.

Dia kemudian bergabung dengan Boston Celtics, di mana dia meremajakan karirnya dan pada tahun 1986 memenangkan penghargaan NBA Sixth Man of the Year sebagai cadangan yang dapat diandalkan untuk bintang Robert Parish dan Kevin McHale. Bersama-sama, grup ini memenangkan gelar NBA pada tahun 1986 atas Houston Rockets, yang kedua dalam karier Walton.

Foto: Duke Basketball Report

Legenda UCLA dan rival NBA Kareem Abdul-Jabbar mengatakan pada hari Senin bahwa dunia merasa jauh lebih berat dengan kematian teman baiknya.

"Di lapangan, Bill adalah pemain yang garang, tapi di luar lapangan dia tidak akan bahagia kecuali dia melakukan segala yang dia bisa untuk membuat semua orang di sekitarnya bahagia," katanya. "Dia yang terbaik di antara kami."

Walton dilantik ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada tahun 1993.

"Bill Walton benar-benar unik," kata Komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan. "Sebagai pemain Hall of Fame, dia mendefinisikan ulang posisi center. Keahlian uniknya dalam segala hal membuatnya menjadi kekuatan dominan di UCLA dan membawanya ke musim reguler NBA dan MVP Final, dua kejuaraan NBA dan satu tempat di Tim NBA ke-50 dan ke-75." 

Bill dan putranya, Luke Walton. Foto: Basketball Society

Pada tahun-tahun setelah karier NBA-nya, Walton beralih ke penyiaran olahraga dan terlibat dengan berbagai organisasi amal dan filantropi, klinik, dan kamp. Dia menjabat sebagai analis studio dan komentator. Baru-baru ini, dia bekerja di tepi lapangan sebagai komentator untuk siaran bola basket kampus ESPN dan Pac-12 Network. Dia secara rutin bertugas di kru siaran di Pauley Pavilion,selain beberapa tempat bola basket Pac-12 lainnya.
 
Walton memulai karir penyiaran olahraganya pada tahun 1990 sebagai analis di Prime Ticket Network. Selain itu, ia bekerja untuk CBS Sports pada awal 1990-an dan kemudian untuk NBC, termasuk liputan Olimpiade pada tahun 1996 (Atlanta) dan 2000 (Sydney). Dia bergabung dengan ESPN dan ABC sebagai analis NBA pada tahun 2002.
 
Walton meninggalkan istrinya, Lori; keempat putranya, Adam, Nathan, Luke dan Chris; dan ketiga cucunya, Olivia, Avery Rose dan Chase. (*)

Foto: USA Today

Komentar