IBL

Kendrick Nunn tidak akan memulai perjalanan kariernya di bola basket, jika dia tahu bahwa akan ada fase di mana semua tim NBA menolaknya. Namun Nunn percaya bahwa masih ada kesempatan baginya di tempat lain. Keyakinan Nunn terbayar dengan hadiah terbesar yang bisa diperolehnya. Memenangkan kejuaraan EuroLeague 2024 bersama Panathinaikos, yang menjadi gelar pertama sejak 2011 dan ketujuh dalam sejarah klub.

Pada bulan Oktober 2023, dan setelah musim kompetisi berakhir, tidak ada tim NBA yang datang menemuinya. Nunn, yang merupakan mantan anggota All-Rookie NBA Team, memutuskan untuk melakukan lompatan besar dalam kariernya dan memindahkan permainannya ke Eropa. Dia menandatangani kontrak dengan Panathinaikos Athens, salah satu tim yang berlaga di EuroLeague. Panathinaikos sedang berjuang mengembalikan kehormatannya, yang bahkan tidak mampu mencapai babak playoff pada tahun-tahun sebelumnya. 

"Ini merupakan tahun yang panjang," kata Nunn mengawali ceritanya. "Saya datang ke sini. Percaya saja pada diriku sendiri. Saya hanya memberikan semua yang saya bisa untuk tim ini. Sungguh perasaan yang luar biasa."

"Saya percaya pada tim kami. Saya percaya pada diri sendiri dan tahu bahwa tidak ada yang mustahil selama Anda melakukan hal yang benar setiap hari dan mengambil langkah yang tepat untuk menjadi seorang juara."

Nunn membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan wilayah bola basket yang sama sekali belum dipetakan. Menjadi terbiasa dengan skema pertahanan yang tidak seperti apa pun yang pernah dia saksikan sebelumnya. Untuk beradaptasi dengan kehidupan di luar Amerika Serikat. Di sisi lain, dukungan keluarga membuatnya semakin kuat. 

"Keluarga saya. Mereka banyak berkorban sepanjang tahun," kata Nunn. "Berada di sini sepanjang tahun. Barang baru. Tidak mengetahui apa pun. Tidak mengenal siapa pun. Mereka telah menahanku sepanjang tahun. Tanpa mereka, saya tidak bisa melakukannya."

Puncak dari kontribusinya selama di EuroLeague adalah di babak playoff, di mana ia mencetak rata-rata 19,2 poin, 3,4 rebound, dan 2,8 asis untuk Panathinaikos. 

"Perasaan yang luar biasa, kawan. Perasaan yang luar biasa," kata Nunn. "Saya sangat menghargainya. Para penggemar EuroLeague. Penggemar Panathinaikos. Semangat yang dimiliki semua orang di Eropa terhadap liga ini. Sulit dipercaya untuk bermain. Saya sangat senang. Saya senang datang ke sini."

Nunn menandatangani perpanjangan kontrak dengan Panathinaikos pada bulan Mei. Kesepakatan itu mencakup beberapa klausul NBA yang dapat diterapkan dalam kontraknya. 

Kendrick Nunn menandatangani kontrak dengan Santa Cruz Warriors dan bermain di G-League 2018-2019. Dia lantas bermain di NBA 2019-2020 bersama Miami Heat. Los Angeles Lakers menjadi pelabuhan berikutnya bagi Nunn sejak tahun 2021 hingga 2023. Pada tanggal 23 Januari 2023, Nunn diperdagangkan, bersama dengan tiga draft pick putaran kedua di masa depan, ke Washington Wizards dengan imbalan Rui Hachimura. Sampai akhirnya Nunn memilih pindah ke EuroLeague. (*)

Foto: Basketnews.com

Komentar