IBL

Faktanya menutup seri playoff, khususnya Final Wilayah dengan sapu bersih adalah hal yang sulit dilakukan. Tapi tampaknya hal ini bisa terjadi di tahun 2024. Karena dua tim punya peluang untuk melakukan hal tersebut, yaitu Boston Celtics dan Dallas Mavericks. 

Di Timur, Celtics unggul 3-0 atas Indiana Pacers, dan akan bermain di Indiana untuk Gim 4. Sementara Mavericks, mungkin sedikit beruntun. Karena mereka sudah unggul 3-0 atas Minnesota Timberwolves dan akan memainkan Gim 4 di Dallas. 

Menurut data NBC, belum pernah ada final konferensi NBA yang hasilnya sapu bersih untuk kedua wilayah. Jika Celtics dan Mavericks sama-sama memenangkan Gim 4, ini akan jadi sejarah baru bagi liga tersebut. Di mana ada dua tim yang melaju ke Final NBA dengan rekor sapu bersih untuk final wilayah. 

Pada playoff NBA 2023, Denver Nuggets menyapu bersih Los Angeles Lakers di Barat. Namun di Timur, harus ada pertarungan Gim 7, sebelum Miami Heat mengusir Celtics dari persaingan final wilayah. Jadi sampai tahun 2023, belum ada hasil sapu bersih di final wilayah untuk kedua sisi. 

Foto: NBC

Pacers kesulitan di final Wilayah Timur melawan Celtics. Mereka sedang mencari motivasi ekstra yang bisa membangkitkan semangat, seperti yang diungkapkan kepala pelatih Pacers Rick Carlisle, jelang Gim 4 hari Senin (27/5) waktu Amerika Serikat. Celtics memimpin seri 3-0 dan hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menyapu bersih Pacers dan melaju ke Final NBA untuk kedua kalinya dalam tiga tahun.

"Ada banyak alasan untuk termotivasi dalam pertandingan besok," kata Carlisle. "Saat Anda menjadi kepala pelatih tim NBA, Anda cenderung mendapatkan informasi tentang berbagai hal. Jadi, satu hal yang baru saya dengar dalam beberapa menit terakhir adalah liga sedang membuat rencana logistik untuk presentasi trofi di rumah kami besok. Itu adalah sesuatu yang menurut saya akan membuat darah para pemain kami mendidih dan darah para penggemar kami mendidih. Itulah motivasi kami untuk memperpanjang seri ini."

Fakta NBA lain menyebutkan bahwa sampai sekarang, belum ada tim yang bisa membalikkan defisit 0-3 dalam playoff NBA. Artinya peluang Indiana Pacers dan Minnesota Timberwolves memenangkan seri ini sangat kecil. Hanya ada empat tim NBA yang bisa memaksa Gim 7 di final wilayah, dan semuanya berakhir dengan kekalahan. (*)

Foto: Masslive.com

Komentar