IBL

Draymond Green akhirnya muncul dengan komentar pedas setelah Minnesota Timberwolves menelan kekalahan ketiga (0-3) dari Dallas Mavericks, Minggu malam (26/5) waktu Amerika Serikat. Bintang Warriors yang kini menjadi bagian "Inside The NBA" TNT untuk Final Wilayah Barat tersebut menyarankan Timberwolves untuk memainkan pemain cadangan Naz Reid dan Kyle Anderson daripada Karl-Anthony Towns dan Rudy Gobert. Intinya, Towns dan Gobert tidak efektif melawan kecepatan Mavericks yang menyebabkan tim tersebut tertinggal 0-3.

Draymond Green telah muncul di "Inside the NBA" sepanjang final konferensi untuk memberikan wawasan berharganya tentang playoff. Setelah Minnesota kalah dalam pertandingan ketiga berturut-turut dari Mavs, Green meminta kepala pelatih Timberwolves Chris Finch untuk melakukan penyesuaian. Namun saran Green ini memang sedikit pedas. Green menyarankan agar Finch harus lebih sering memainkan pemain cadangan Naz Reid dan Kyle Anderson, dan mencadangkan Karl-Anthony Towns dan Rudy Gobert, yang kesulitan melawan Mavericks sejauh ini.

"Pada titik tertentu, Chris Finch harus melakukan penyesuaian. Anda terus merekrut pemain yang sama, dengan rencana permainan yang sama di setiap pertandingan, dan Anda tertinggal 3-0. Jadi, pada titik manakah Anda melakukan penyesuaian? Kita tidak bisa mengkhawatirkan perasaan Karl-Anthony Towns, atau perasaan Rudy Gobert. Mereka membutuhkan Naz Reid dan Kyle Anderson di luar sana," kata Green.

Foto: Inside the NBA

Pelatih Finch sepertinya memang sudah melakukan penyesuaian tersebut ketika ia memasukkan Anderson sebagai orang ketiga di frontcourt di samping Reid dan Towns pada sebagian besar kuarter keempat. Taktik tersebut tampaknya berhasil karena Timberwoves bermain lebih cepat dari tiga kuarter sebelumnya. Timberwolves mampu mengimbangi Mavericks sepanjang sebagian besar kuarter keempat, sampai Finch mengembalikan Gobert dan Towns untuk menutup permainan.

Gobert dan Towns gagal menunjukkan performa terbaik mereka di seri ini melawan tim Mavericks yang lebih kecil namun lebih cepat. Keduanya tampil buruk di Final Wilayah Barat sejauh ini. Towns tampil buruk dalam serangan Timberwolves dengan hanya menembak 27,8 persen dari lapangan dan 13,6 persen dari luar garis tripoin dalam tiga pertandingan sejauh ini. 

Adapun Gobert, dia sebaiknya tidak dimainkan, karena Mavericks memburunya di sisi ofensif. Mavericks menjadikannya lubang dalam menyerang karena ketidakmampuannya untuk mengimbangi kecepatan Luka Doncic dan Kyrie Irving di perimeter.

Kesimpulannya, Draymond Green menyarankan kepada Timberwolves untuk mencadangkan pemain-pemain bintang mereka dan memilih pemain cadangan. Karena akan menghadirkan perubahan strategi yang dapat berdampak signifikan pada kinerja tim. (*)

Foto: David Berding - Getty Images

Komentar