IBL

Bintang Minnesota Timberwolves, Karl-Anthony Towns, secara historis mengalami awal yang sulit di final Wilayah Barat. Akurasi tembakannya tidak kunjung membaik. Towns kembali mengalami kesulitan saat Wolves kalah 107-116 di Gim 3 dari Dallas Mavericks pada hari Minggu (26/5) waktu Amerika Serikat. Kepala pelatih Chris Finch tampak menyerah dengan situasi ini.

Pelatih Finch mungkin ingin menutup matanya pada kuarter keempat, ketika Towns tidak mencetak poin melalui tembakan 0 dari 4 (0 dari 3 untuk tripoin) saat Timberwolves tertinggal 3-14 dalam lima menit terakhir. 

"Dia kesulitan, tentu saja," kata pelatih Finch setelah Towns hanya mencetak 14 poin melalui 5 dari 18 tembakan, termasuk 0 dari 8 tripoin, yang berusaha menerima kenyataan bahwa Timberwolves tinggal satu pertandingan lagi dari eliminasi. "Kadang-kadang sulit untuk menontonnya."

Towns, yang duduk di bangku cadangan selama hampir sembilan menit terakhir kekalahan Wolves di Gim 2, kini hanya mencatatkan akurasi 27,8 persen untuk seri Final Wilayah Barat. Nilai tersebut adalah persentase tembakan terburuk keempat yang pernah dialami pemain mana pun selama tiga pertandingan pertama konferensi atau final divisi di era shot-clock, menurut ESPN Stats & Info

"Saya harus tertawa," kata Towns setelah pertandingan. "Saya melakukan hingga 1.500 tembakan sehari. Menembak dengan sangat baik sepanjang babak playoff, kepercayaan diri sangat tinggi. Mendapatkan pantulan yang tidak menguntungkan dan penampilan yang tidak masuk akal, itu sulit. Pasti sulit. Saya dari segi kepercayaan diri yang baik. Hanya harus terus menembak."

Akurasi tripoin Towns sejak semifinal konferensi melawan Denver Nuggets, juga sangat buruk. Towns menghasilkan 4 dari 32 (12,5 persen) yang merupakan persentase tripoin terburuk dalam rentang lima pertandingan di antara pemain dengan 30 atau lebih percobaan tembakan tiga poin dalam sejarah pascamusim NBA.

Towns menampilkan permainan seperti itu di kuarter ketiga hari Minggu ketika dia mencetak 9 poin, melakukan 3 dari 4 percobaan tebakan dari lapangan dan 3 dari 3 tembakan gratis, tanpa mencoba satu pun tembakan tiga angka. Upaya tersebut membantu Minnesota mengungguli Dallas 35-27 pada kuarter ketiga untuk menyamakan kedudukan ke kuarter keempat, 87-87. Namun di kuarter terakhir, ketika Wolves melakukan serangan terakhir, Towns mengalami kebuntuan. 

Towns bukanlah satu-satunya alasan Wolves berada di posisi tertinggal 0-3. Eksekusi waktu krusial mereka kurang dalam ketiga kekalahan tersebut. Wolves adalah tim pertama yang kalah 0-3 secara seri tanpa memimpin sama sekali dalam lima menit terakhir kuarter keempat di setiap pertandingan, setidaknya sejak tahun 1998, menurut ESPN Stats & Info.

"Bola basket bukanlah ilmu yang sempurna tapi kita harus menemukan cara untuk meningkatkan level kita ketika diperlukan," kata Rudy Gobert . "Enam menit terakhir, semuanya harus berada pada level yang lebih tinggi mulai saat ini. Semuanya.... Jadi kami harus tetap percaya satu sama lain. Secara individu, lihat semua hal yang bisa menjadi lebih baik dan kemudian secara kolektif, serta menjadi diri kita sendiri." (*)

Foto: Sporskeeda

Komentar