Sepatu basket adidas dianggap memiliki keunikan tersendiri, itulah mengapa seri-seri yang ditawarkan hanya mampu dinikmati sebagian saja. Hal itu masih jadi ciri khas yang dimiliki perusahaan berlogo tiga garis itu. Yang terbaru, mereka merilis ulang sepatu basket legendarisnya dengan sentuhan teknologi modern.

Melirik kembali di tahun 1990-an, satu sepatu yang jadi basis untuk sepatu basket adidas lebih mutakhir bernama adidas Equipment FYW (Feet You Wear) dan adidas Crazy 8. Bentuknya yang cenderung bulat dengan sol berlapis justru dianggap paling nyaman dan aman bagi pergelangan kaki.

Setelah lama tak terdengar, dua sepatu tersebut muncul kembali dengan nama serta teknologi yang berbeda. adidas memberi nama siluet terbarunya itu dengan adidas Originals Crazy BYW (Boost You Wear). Sepatu ini merupakan gabungan dari adidas Equipment FYW dengan adidas Crazy 8. adidas juga menambahkan sol boost untuk menggantikan sol karet konvensional yang cenderung berat.

Inovasi tak hanya dilakukan di bagian sol, tetapi juga di bagian atas sepatu. Bahan yang digunakan mengadopsi primeknit yang dipadukan dengan kulit domba. Bagian lidah, adidas menggunakan nilon rajut (mesh) sehingga berkontribusi terhadap efisiensi berat sepatu.

Perubahan terbesar terletak di bagian karet sol bawah. adidas menempatkan tiga buah sol karet konstruksi podular. Konstruksi sol semacam ini mengakomodasi tiga titik injak pada kaki: tumit, tapak bagian dalam, dan tapak bagian luar. Sol tersebut pertama kali diperkenalkan adidas Crazy pada 1996.

adidas Originals BYW pernah digunakan Nick Young pada Desember 2017 lalu. Setelah menunggu hampir sebulan, adidas Originals mengumumkan bahwa sepatu ini telah siap dirilis ke publik pada 27 Januari 2018. Anda bisa mendapatkannya dengan harga retail yang disarankan sebesar AS$170.

Sumber Foto: adidas Originals, NBA

Komentar