Boston Celtics semakin dekat ke Final NBA. Bertandang ke Indiana untuk Gim 3 Final Wilayah Timur melawan Pacers, Celtics menang 114-111, Sabtu (25/5), waktu setempat. Kemenangan ini membuka keunggulan 3-0 untuk Celtics yang hanya butuh satu kemenangan lagi untuk melaju ke Final NBA kedua mereka dalam tiga musim terakhir. 

Sempat tertinggal 18 poin di kuarter dua, Celtics bangkit dengan mengandalkan pertahanan kolektif dari barisan starter mereka. Lima pemain utama Celtics bermain setidaknya 34 menit dan menyumbangkan 110 dari 114 poin tim. Masih tertinggal enam poin di 100 detik terakhir, Celtics berturut mencetak tripoin dari Jayson Tatum dan Al Horford yang kemudian disusul lewat dua poin plus satu tembakan gratis dari Jrue Holiday yang membuat mereka berbalik unggul satu poin di sisa 38 detik. 

Pacers sejatinya punya peluang untuk memenangkan gim ini dengan bola terakhir ada di tangan mereka. Punya waktu tujuh detik, Andrew Nembhard yang panas coba membawa bola ke pertahanan Celtics sebelum akhirnya dicuri oleh Holiday yang memastikan kemenangan Celtics. Pacers sejatinya masih punya satu timeout, namun Rick Carlisle, selaku Kepala Pelatih Pacers memutuskan untuk tidak mengambilnya. 

Tatum memimpin tim dengan dobel-dobel 36 poin, 10 rebound, 8 asis, 1 steal, dan 2 blok selama 43 menit. Tatum memasukkan 5/10 tripoin dan 0 turnover yang membuatnya jadi pemain pertama dalam sejarah NBA (termasuk musim reguler) yang membukukan angka serupa. 

Horford di usianya yang 37 tahun masih memberikan kontribusi besar melalui 23 poin dengan 7/12 tripoin. Jaylen Brown juga tetap tajam dengan 24 poin dari 10/18 tembakan. Holiday 14 poin, 9 rebound, plus 3 steal, sedangkan Derrick White 13 poin, 5 rebound, 7 asis, dan 4 blok yang merupakan terbanyak di laga ini. White memimpin Celtics untuk total blok di Playoff NBA 2024 dengan 15 blok dari 13 laga.

Seperti yang sudah disinggung di atas, Andrew Nembhard sedang panas hari ini. Tanpa Tyrese Halliburton yang cedera hamstring, Nembhard mengambil alih gim melalui 32 poin, 4 rebound, 9 asis. Ini adalah catatan poin tertinggi Nembhard di satu gim sepanjang kariernya. Ia juga tajam dengan 12/21 tembakan (4/7 tripoin). 

Membantu Nembhard adalah T.J. McConnell dengan 23 poin, 9 rebound, 6 asis, dari bangku cadangan. Rick Carlisle memutuskan untuk memasang Ben Sheppard sebagai starter menggantikan Haliburton, bukan McConnell. Myles Turner dan Pascal Siakam masing-masing mencetak 22 poin. Turner menambahkan 10 rebound untuk dobel-dobelnya sedangkan Siakam punya enam asis atas namanya. 

Celtics benar-benar memenangkan gim ini lewat tripoin. Total ada 16 tripoin masuk dari 46 percobaan (34 persen). Jumlah ini jauh sekali dibandingkan Pacers yang hanya 5/22 (22 persen). Ditambah dengan 20/26 tembakan gratis yang mereka dapatkan, Celtics mampu menutupi fakta bahwa Pacers punya tembakan masuk lebih banyak (46/91) ketimbang Celtics (39/83). 

Gim 4 digelar lusa, masih di Indiana. (DRMK)

Foto: Getty Images 

Komentar