IBL

Pelita Jaya Jakarta mencuri kemenangan di markas Tangerang Hawks dengan skor akhir 72-68, Sabtu (25/5). Hasil ini memastikan Pelita Jaya menyapu bersih Hawks di musim ini sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Pelita Jaya atas Hawks. Lima kali jumpa sejak Hawks masuk ke IBL pada 2022, lima kali pula Pelita Jaya menang. 

Masih tanpa K.J. McDaniels dan Anthony Beane Jr. Pelita Jaya mengawali laga dengan buruk. Hawks mengambil inisiatif lebih dulu dan berhasil membuka jarak 15 poin. Akan tetapi, Hawks masih dengan kendalanya sepanjang musim, konsistensi. Hawks mengendur di kuarter tiga. Meski menutup kuarter masih dengan keunggulan, tim asuhan Antonius Joko hanya mencetak 8 poin dari 2/16 tembakan dan membuat 6 turnover. 

Situasi ini membuat Pelita Jaya bisa bangkit di kuarter empat dan langsung mengambil keunggulan di upaya tembakan pertama mereka lewat Reza Guntara. Pelita Jaya terus berlari, utamanya lewat tiga tripoin beruntun dari Andakara Prastawa dan Reza. Ditambah dengan serangab Justin Brownlee, ketiganya mengombinasikan 25 dari 28 poin Pelita Jaya di kuarter empat. 

Brownlee adalah top skor Pelita Jaya dengan dobel-dobel 21 poin, 17 rebound, dan 6 asis dari 9/17 tembakan. Prastawa membuntuti dengan 20 poin dan 4 rebound. Prastawa memasukkan 5/11 tripoin. Sebanyak 10 dari keseluruhan poin Prastawa tercipta di kuarter empat. Reza melengkapi dengan 10 poin plus 6 rebound. 

Hawks hanya punya dua pemain dengan dua digit poin. Steven Green memimpin laga ini dengan dobel-dobel 24 poin, 10 rebound, 6 asis. Green ada di belakang Prastawa untuk tripoin masuk hari ini melalui 4/10 tembakan. Nick Stover membantu dengan 11 poin plus 6 rebound dari bangku cadangan. Morakinyo Williams dan Danny Ray tertahan masing-masing di sembilan poin. 

Ini adalah kemenangan ke-16 Pelita Jaya dari 18 laga. Dua kekalahan mereka terjadi atas Satria Muda Pertamina Jakarta dan Prawira Harum Bandung, keduanya terjadi di kandang. Bagi Hawks, inj jadi kekalahan kedelapan beruntun. Terakhir kali Hawks menang terjadi di Maret, melawan Pacific. Rekor Hawks adalah (4-12). (DRMK)

Foto: IBL Indonesia 

Komentar