Melanjutkan kesuksesan mereka di turnamen yang sedang berlangsung, Boston Celtics baru-baru ini memasuki Final Konferensi untuk ketiga kalinya berturut-turut. Klub tersebut telah melewati babak kedua playoff tanpa kehadiran Kristaps Porzingis, yang absen karena cedera. Kenyataannya Celtics mampu unggul 2-0 atas Indiana Pacers di Final Wilayah Timur, lewat kemenangan 126-110, hari Kamis (24/5) waktu Amerika Serikat. Mereka belum membutuhkan Porzingis. 

Pemain asal Latvia itu telah absen selama lebih dari tiga minggu sejak ia mengalami cedera soleus di betis kanannya pada babak pertama di Gim 4 seri putaran pertama melawan Miami Heat. Berita positif yang datang dari Boston, bahwa pemain berusia 28 tahun itu akan segera kembali ke lapangan. Namun sepertinya tim ini belum membutuhkannya.

Kepala pelatih Celtics Joe Mazzulla, ketika ditanya tentang situasi pemain Latvia saat ini, mengatakan bahwa Porzingis berada dalam jalur yang bagus secara mental, untuk bisa kembali ke lapangan. "Dia bekerja keras setiap hari untuk melakukan pemulihan secepat yang dia bisa. Jadi tidak bisa dianggap remeh betapa kerasnya dia bekerja, berusaha untuk kembali bermain tepat waktu," ujar Mazulla.

Kristaps Porzingis bermain selama putaran pertama playoff ketika Boston Celtics berhadapan dengan Miami Heat yang tidak diperkuat Jimmy Butler. Saat seri memasuki Gim 4, timnya sudah unggul 2-1. Namun, pada pertandingan tersebut Porzingis mengalami cedera pada otot betis kanannya. Akibatnya, ia harus keluar dari permainan setelah hanya menghabiskan 14 menit di lapangan.

Menurut laporan reporter ESPN Adrian Wojnarowski, pemain berusia 28 tahun itu diperkirakan akan melewatkan dua pertandingan pertama Final Konferensi melawan Indiana Pacers. Namun, beberapa hari yang lalu, dia memperbaharui laporannya bahwa pemain tersebut dapat kembali pada Gim 4.  

Namun, melihat perkembangan seri, setelah Gim 2, Celtics tampakya akan terus bersikap konservatif dalam pemulihannya dan tidak membuat sang pemain mengambil risiko yang tidak perlu. Sebab, dengan absennya Porzingis, ternyata Al Horford mampu menggantikan perannya dengan baik.

Selama sembilan tahun kariernya di Kristaps Porzingis telah berhadapan dengan Indiana Pacers sebanyak 21 kali. Namun, waktu singkatnya bersama Celtics hanya memungkinkan dia melawan pesaingnya sebanyak empat kali. Celtics memiliki rekor 3-1 dalam pertandingan musim reguler atas Pacers, dengan Porzingis mencatatkan rata-rata 12,8 poin, 6,5 rebound, dan 2,8 asis per gim. Terakhir kali Porzingis menghadapi Pacers adalah pada tanggal 30 Januari. Kemudian, ia membantu Jayson Tatum dan Jaylen Brown dengan mencetak 17 poin, 12 rebound, dan 2 asis. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar