IBL

NBA telah mengumumkan nama-nama pemain yang masuk dalam All-Defensive Team. Ada nama Bam Adebayo dalam daftar tersebut. Pemain Miami Heat itu pun lega. Ia merasa kemampuannya sebagai pemain bertahan diakui.

“Saya merasa sangat lama sekali untuk mendapatkannya. Apapun dan kapanpun itu terjadi, nikmatilah. Saya merasa bersyukur menjadi salah satu pemain yang terpilih,” kata Adebayo dalam wawancara dengan The Miami Herald.

Selain Adebayo, ada empat nama yang masuk dalam All-Defensive Team 2023-2024. Mereka adalah Victor Wembanyama, Rudy Gobert, Anthony Davis, dan Herb Jones. Wemby menjadi ruki pertama yang masuk daftar tersebut. Sedangkan untuk NBA All-Defensive Second Team, ada nama Alex Caruso, Jrue Holiday, Jalen Suggs, Derrick White, dan Jaden McDaniels.

“Tentu saja kita punya banyak orang yang memperhatikan statistik. Mereka tidak perlu menonton pertandingan. Cukup dari statistik saja. Mereka berkata, oh dia punya statistik seperti ini tanpa mengetahui pemain ini mengamankan 40 poin dari paint,” tutur Adebayo.

Abebayo sendiri masuk sebagai finalis Defensive Player of the Year 2024. Gobert menjadi DOPY 2024 yang merupakan gelar keempatnya. Pemain asal Prancis itu unggul 72 suara posisi pertama. Disusul Wemby dengan 19 suara. Adebayo memperoleh tiga suara saja.

Sebelumnya Adebayo hanya terpilih dalam NBA All-Defensive Second Team empat kali dalam kurun waktu 2020-2023.  Pada tahun kelimanya ini, akhirnya Adebayo mendapat kenaikan tingkat.

Selama musim 2023-2024, Adebayo bermain dalam 71 gim. Ia mencatat 19,3 poin, 10,4 rebound, 3,9 asis, 1,1 steal, dan 0,9 blok per gim. Abebayo berkontribusi membawa Heat hingga ronde pertama playoff. Mereka berjuang sebagai unggulan kedelapan dan takluk dari Boston Celtics 4-1.

Adebayo sendiri selalu masuk dalam lima besar DPOY sejak tahun 2020. Pada 2020 dan 2023, ia menempati posisi kelima. Kemudian pada 2021 dan 2022, Adebayo menduduki posisi keempat. Baru tahun ini ia menjadi finalis. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar