IBL

NBA telah memasuki fase puncak. Boston Celtics, Indiana Pacers, Dallas Mavericks, dan Minnesota Timberwolves berlaga di final masing-masing wilayah. Pemain bintang dari masing-masing tim tersebut didominasi pemain kelahiran Amerika Serikat.

Ditambah lagi tersingkirnya Denver Nuggets dan Nikola Jokic dari persaingan tahun ini. Jokic mendapatkan MVP ketiganya dalam empat tahun terakhir membuat pemain-pemain kelahiran AS disorot.

“Para pemain kelahiran AS yang terhormat. Bekerjalah tanpa kenal lelah dan tunjukkan disiplin kalian. Jika tidak, pekerjaan kalian di NBA akan punah,” tulis mantan pemain dan peraih MIP 2000 Jalen Rose melalui X.

Celtics memiliki Jayson Tatum dan Jaylen Brown yang merupakan pemain kelahiran AS. Dalam roster mereka juga ada pemain non-AS seperti Kristaps Porzingis yang masuk dalam starting 5. Tetapi Porzingis absen dalam tujuh gim terakhir.

Dari Pacers, ada Tyrese Haliburton dan Myles Turner yang menjadi pemain andalan. Memang ada Andrew Nembhard dan Bennedict Mathurin dari Kanada. Tetapi porsi mereka tidak terlalu banyak.

Minnesota Timberwolves, siapa lagi kalau bukan Anthony Edwards. Pemain berjuluk Ant-Man itu mencuri perhatian sepanjang musim. Edwards juga digadang-gadang sebagai ikon NBA di masa mendatang.

Tapi roster Timberwolves lebih beragam. Karl-Anthony Towns memang kelahiran AS. Tetapi ia memperkuat Republik Dominika. Masih ada center Rudy Gobert yang berasal dari Prancis. Ditambah Nickeil Alexander-Walker dari Kanada. Mereka memiliki kontribusi yang cukup merata.

Untuk Mavericks, mereka satu-satunya yang memiliki pemain utama non-AS yaitu Luka Doncic. Pemain asal Slovenia menjadi finalis MVP 2024. Doncic juga merupakan top skor musim ini dengan 33,9 poin per gim. Tetapi Mavericks juga memiliki pemain AS dalam starternya. Mereka adalah Kyrie Irving (meski lahir di Australia) dan PJ Washington.

Pemain-pemain AS memang mendominasi NBA dari segi jumlah. Pada musim 2023-2024, ada 125 pemain internasional dari 40 negara yang berlaga di NBA. Jumlah terbesar dari Kanada (26) dan Prancis (16)

Tetapi dalam jajaran pemain terbaik enam tahun terakhir, pemain non-AS yang mengambil alih. Mulai dari Giannis Antetokounmpo, Nikola Jokic, Joel Embiid. Bahkan Shai Gilgeous-Alexander memanaskan persaingan tahun ini. James Harden tercatat sebagai MVP terakhir yang berasal dari AS. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar