IBL

Dallas Mavericks kembali lagi ke Final Wilayah Barat setelah dua tahun. Sebelumnya Mavericks mencapai hasil yang sama pada 2022 atau pada tahun pertama Jason Kidd sebagai pelatih. Dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya, Kidd menilai kali ini timnya lebih matang.

Kidd lebih optimis pada tahun ini Mavericks bisa lebih baik. Tidak lain karena Luka Doncic yang menurutnya sudah lebih dewasa dan lebih berkembang. Saat mencapai Final Wilayah pertamanya itu, Doncic masih berusia 23 tahun dan menjalani musim keempatnya di NBA.

“Luka mungkin berada di titik puncaknya menjadi salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Sekarang dia telah mencapainya. Usia Luka telah bertambah, begitu juga dengan kedewasaannya, dan melihat berbagai macam bentuk defense seperti double team,” kata Kidd.

Pada Final Wilayah Barat 2022 itu, Mavericks takluk dari Golden State Warriors 4-1. Sebelumnya Mavericks telah menyingkirkan Utah Jazz 4-2 dan Phoenix Suns 4-3. Tetapi pada akhirnya, Warriors melangkah ke Final NBA dan menaklukkan Boston Celtics 4-2.

“Dia bisa memanfaatkan pengalamannya setelah melewati berbagai pertandingan beberapa tahun terakhir. Memahami tahun 2022, hasil tahun lalu, dan sekarang bisa sampai di titik ini. Saya pikir dia sudah mendapat pengalaman yang berbeda. Dia telah melatih kemampuannya dan menjadi lebih baik,” ujar Kidd.

Mavericks sendiri menelan hasil pahit pada musim 2022-2023. Mereka tidak lolos ke playoff. Mavericks menyelesaikan musim dengan rekor 38-44 dan berada pada posisi ke-11. Itu adalah rekor terburuk mereka dalam lima tahun terakhir.

Doncic terpilih sebagai salah satu final Most Valuable Player (MVP) 2024. Tetapi ia kalah dari Nikola Jokic. Posisi kedua sendiri ditempati oleh Shai Gilgeous-Alexander. Sedangkan Doncic berada di posisi ketiga dengan 4 suara posisi pertama, 36 suara posisi kedua, dan 8 suara posisi ketiga.

Meski tidak menjadi MVP tahun ini, setidaknya Luka memperoleh gelar sebagai top skor liga. Luka menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah yang menjadi top skor setelah Kevin Durant. Luka mencatat rata-rata 33,9 poin per gim.

Mavericks menempati unggulan kelima tahun ini dengan 50-32. Mereka menyingkirkan Los Angeles Clippers dan Oklahoma City Thunder dalam enam gim. Mavericks akan menghadapi Minnesota Timberwolves di Final Wilayah Barat. Gim 1 diadakan besok di Target Center, Minneapolis. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar