Prancis datang dengan kekuatan penuh untuk Olimpiade 2024 Paris. Menjadi tuan rumah jelas membuat Prancis harus memberikan performa terbaik mereka. Apalgi, mereka baru saja gagal total di turnamen internasional besar terdekat mereka Piala Dunia FIBA 2023. 

Federasi basket Prancis, (FFBB) pun berupaya mengumpulkan semua pemain terbaiknya. Rudy Gobert dan Victor Wembanyama jadi dua nama yang menjadi sorotan. Sedangkan Mathias Lessort yang baru terpilih seagai All-EuroLeague Team juga masuk dalam daftar. 

Meski tampak mentereng, faktanya Prancis cukup kesulitan di barisan garda atau bakccourt mereka. Apalagi Prancis dipastikan masih belum mau memanggil salah satu garda senior mereka, Thomas Heurtel, yang bermasalah saat memutuskan membela tim Rusia di kala perang Rusia dan Ukraina 2020 lalu. 

Praktis hanya Nando De Colo yang sedang dalam kondisi paling prima di tim. Sisanya adalah pemain muda atau pemain yang kurang berpengalaman di level internasional seperti Killian Hayes, Theo Maledon, Elie Okobo, dan Frank Ntilikina. 

Atas hal ini, muncul wacana baru di tubuh FFBB. Menurut laporan L'Equipe, FFBB bertemu dengan pemain terbaik EuroLeague 2024, Mike James, untuk potensi naturalisasi. Bahkan dikabarkan pihak James langsung yang menghubungi FFBB. 

Kedua pihak dikabarkan sudah menginisiasi hal ini tahun lalu. Namun, semuanya tertunda karena FFBB fokus untuk proses naturalisasi bintang Philadelphia 76ers, Joel Embiid. Embiid sendiri lantas membelot dan berpindah membela Amerika Serikat. Setelah kejadian ini, baru Prancis mencoba peluang untuk menjajaki James. 

"Kami tidak punya budaya seperti negara lain yang menggunakan pemain naturalisasi dengan berbagai macam sistem. Namun, kami punya tugas untuk mengeksplorasi semua kemungkinan yang ada. Dalam kasus ini, kami diminta untuk melihat situasi James dan memastikan semuanya," terang seorang eksekutif Prancis yang tak mau disebutkan namanya kepada L'Equipe. 

(Baca juga: Joel Embiid Ingkar Janji ke Prancis)

Prancis bukan negara pertama di mana James terbuka untuk melakukan naturalisasi. Musim panas 2023 lalu, James juga melakukan perbincangan dengan Latvia untuk potensi yang sama. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar