IBL

Tim nasional (timnas) Prancis akhirnya merilis daftar pemain pertama untuk pemusatan latihan persiapan Olimpiade 2024. Daftar ini berisi 19 nama yang nantinya akan dipangkas menjadi 12 nama untuk turnamen inti. 

"Awalnya kami hanya punya 16 nama untuk diumumkan hari ini," tutur Vincent Collet, kepala pelatih Prancis dalam jumpa wartawan pengumuman daftar ini. "Namun segala ketidakpastian yang ada membuat kami memperbesar daftar menjadi 19 nama. Fokus kami adalah mencari pemain terbaik utamanya di area perimeter," imbuhnya. 

Pemain bertahan terbaik NBA, Rudy Gobert, yang masih bertarung di Semifinal Wilayah Barat bersama Minnesota Timberwolves menjadi nama utama di daftar ini. Ruki terbaik NBA dari San Antonio Spurs, Victor Wembanyama, juga siap menemani Gobert. 

Dari 19 nama tersebut, hanya empat nama yang tidak bersaing di NBA atau EuroLeague musim lalu. Mereka adalah Nadir Hifi (Paris Basketball), Jaylen Hoard (Hapoel Tel Aviv), Andrew Albicy (Gran Canaria), dan Theo Maledon (Sioux Falls Skyforce G-League). Yang menarik adalah munculnya Killian Hayes dan Frank Ntilikina yang kini statusnya adalah pemain bebas setelah dilepas Detroits Pistons dan Charlotte Hornets tengah musim lalu. 

Nama Alex Sarr tidak muncul dalam daftar ini. Tampaknya, federasi basket Prancis melihat Sarr dalam situasi yang sama dengan Wembanyama musim lalu yakin mempersiapkan NBA Draft dan musim pertamanya di NBA. Musim lalu, Wembanyama absen dari Piala Dunia FIBA 2023 karena situasi seperti ini. 

tim nasional Prancis Olimpiade 2024 Paris

Prancis dijadwalkan menggelar enam laga persahabatan sebelum ke Olimpiade. Jadwal ini akan dimulai 3 Juli dan diakhiri 21 Juli. Mereka akan menghadapi Turki, Jerman (dua kali), Serbia, Kanada, dan Australia. Prancis akan bergabung di Grup B Olimpiade bnersama Jerman, Jepang, dan pemenang Olympic Qualifying Tournament di Latbva yang melibatkan tuan rumah Latvia, Georgia, Filipina, Brazil, Kamerun, dan Montenegro. (DRMK)

Foto: Getty Images 

 

Komentar