Detroit Pistons mungkin terkena kutukan. Hipotesa ini memang tidak berlandaskan ilmu pengetahuan, namun apa yang terjadi sejauh ini seolah mengarah ke sana. Sejak mendominasi liga di awal milenium baru sampai sebelum dekade 2010-an, Pistons terus merana. 

Pistons terakhir lolos ke Playoff pada 2019. Sebelumnya, mereka lolos juga di tahun 2016. Semuanya kalah di ronde pertama. Hanya di dua edisi tersebut Pistons berhasil lolos ke Playoff sejak 2009. Dalam kurun waktu tersebut, posisi terbaik Pistons adalah peringkat delapan yang terjadi di dua musim mereka lolos ke Playoff. Lima musim terakhir bahkan lebih parah. Mereka hanya sekali finis di luar peringkat 14 atau 15, itupun di peringkat 13. 

Gelaran Lotre NBA Draft 2024 pun seolah makin menguatkan hipotesa kutukan ini. Punya peluang terbesar untuk mendapatkan hak pilih pertama dengan 14 persen, Pistons malah terjun di peringkat lima. Washington Wizards yang juga punya peluang yang sama mendapatkan peringkat dua. Hak pilih pertama justru jatuh ke Atlanta Hawks yang hanya punya peluang 3 persen. 

Dalam upaya menghapuskan kutukan tersebut, Pistons dikabarkan siap bergerak di jeda musim ini. Dilansir The Athlentic, Pistons sedang berupaya untuk mendapatkan Presiden Basket Minnesota Timberwolves, Tim Connelly. Harapannya Connelly akan mengisi posisi yang sama untuk melakukan perubahan dalam perekrutan skuad Pistons ke depannya. 

Connelly sendiri sejatinya bukan opsi pertama  Pistons. Pistons awalnya mengincar Jon Horst dari Milwaukee Bucks. Namun, permintaan Pistons untuk melakukan wawancara dengan Horst ditolak oleh Bucks. 

Connelly sendiri bukan nama sembarangan. Sebelum melakoni perannya sekarang sejak 2022, ia adalah sosok penting di balik pembangunan skuad Denver Nuggets. Ia menjabat sebagai Manajer Umum sejak 2013 sampai 2022. Ia adalah sosok yang memilih seluruh skuad inti Nuggets, Nikola Jokic, Jamal Murray, dan Michael Porter Jr.. 

Sekarang Connelly juga jadi peramu kekuatan Timberwolves yang finis sebagai tiga besar klasemen akhir Wilayah Barat dan melakoni Playoff yang solid. Meski jelas tak terlibat dalm kehadiran Anthony Edwards dan Karl-Anthony Towns, Connelly adalah sosok yang mendatangkan Rudy Gobert saat seluruh NBA merasa ia sudah habis. 

Selain Connely, Pistons juga dikabarkan menyiapka beberapa kandidat lain. Trajan Langdon dari New Orleans Pelicans, Dennis Lindsey dari Dallas Mavericks, dan Marc Eversley dari Chicago Bulls adalah kandidat yang dipercaya bisa masuk opsi. (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar