Dallas Mavericks membalikkan keadaan, Sabtu (11/5), waktu setempat. Menggelar Gim 3 di Dallas, Mavericks berhasil menang tipis 105-101 atas Oklahoma City Thunder. Ini jadi seri Playoff kedua beruntun di mana Mavericks berbalik unggul 2-1 setelah ketinggalan 0-1. Sebelumnya, di ronde pertama melawan Los Angeles Clippers pun mereka melakukan hal serupa. 

Layup tangan kiri Kyrie Irving di sisa 39 detik menjadi salah satu kunci kemenangan Mavericks. Layup itu membuat Mavericks membuka jarak lima poin. Meski Chet Holmgren memasukkan dua tembakan gratis setelahnya, Mavericks akhirnya mematri skor akhir lewat tembakan gratis Luka Doncic. 

Selain itu, Mavericks sempat melaju (16-0) di pertengahan kuarter tiga untuk membuat mereka berbalik unggul setelah tertinggal di paruh pertama. Meski akhirnya Thunder berhasil menyamakan kedudukan sampai di akhir kuarter empat, momen di kuarter tiga tersebut berhasil membuat Mavericks mendapatkan angin kemenangan. 

Tiga pemain Mavericks mencetak 20+ poin. P.J. Washington melanjutkan tangan panasnya sejak Gim 2 kemarin. Hari ini PJ mencetak 27 poin dan 6 rebound dari 11/23 tembakan. PJ membuat 19 dari keseluruhan poinnya di paruh pertama. Dalam dua gim terakhir, PJ mencetak 56 poin dan memasukkan 12/23 tripoin. 

Duet Doncic dan Kyrie masing-masing menambahkan 22 poin. Doncic melengkapi dobel-dobelnya dengqn 15 rebound plus 5 asis, sedangkan Kyrie punya 5 rebound dan 7 asis atas namanya. Dereck Lively melengkapi dengan 12 poin dan 8 rebound. Thunder sempat menggunakan strategi "Hack a Lively" atau dengan sengaja melanggar Lively untuk ia melakukan tembakan gratis. Setelah meleset dua kali, Lively berhasil memasukkan beruntun empat tembakan gratisnya. Lively 8/12 dari garis tembakan gratis. 

Thunder sejatinya menembak lebih bagus dari Mavericks (46 banding 42 persen). Akan tetapi, Mavericks punya 10 tembakan lebih banyak hasil dari offensive rebound mereka yang unggul 15 banding 6. Shai Gilgeous-Alexander masih memimpin Thunder. Kali ini ia mencetak dobel-dobel 31 poin, 10 rebound, 6 asis dari 10/23 tembakan. 

Jalen Williams membantu dengan 16 poin, 6 rebound, 8 asis. Jalen sempat mengalami masalah di engkelnya di akhir kuarter tiga. Namun, ia kembali bermain di kuarter empat. Chet Holmgren menambahkan 13 poin, 8 rebound plus 4 blok. Isaiah Joe menutup daftar juga dengan 13 poin 

Gim 4 masih akan digelar di Dallas, lusa. (DRMK)

Foto: Getty Images 

Komentar