Los Angeles Lakers kembali harus mengakhiri musim lebih cepat. Setelah menjadi juara NBA 2020, Lakers terus kesulitan meramu skuad terbaik mereka. Meski tahun lalu sempat melaju ke Final Wilayah Barat sebelum kalah atas Denver Nuggets seperti musim ini, Lakers tetap tak terlihat tangguh seperti saat mereka menjadi juara. 

Dalam setiap kegagalan seperti ini, tim dengan pasar besar seperti Lakers selalu dipenuhi dengan pencarian kambing hitam. Untuk tahun ini, banyak publik pecinta basket dan penggemar Lakers mengarahkan pandangan mereka pada performa D'Angelo Russell untuk pemain dan pelatih mereka Darvin Ham. Nama terakhir sendiri telah dipecat oleh Lakers hanya beberapa waktu setelah resmi tersingkir dari Playoff NBA 2024. 

Russell punya cerita yang berbeda. Ia masih punya Opsi Pemain (Player Option) dalam kontraknya untuk musim depan. Jika ia mengambilnya, maka ia bertahan dengan Lakers dengan bayaran AS$18,6 juta. Namun, laporan terbaru dari HoopsHabit menyebutkan Russell sedang melihat peluang untuk tidak mengambil opsi tersebut dan akan menjadi pemain bebas (free agent). Russell berniat mencari kontrak jangka panjang, bukan setahun perpanjangan dengan Lakers. 

(Baca juga: Mempelajari Beberapa Istilah Dalam Pasar Pemain Bebas )

Jika nantinya keputusan ini diambil, maka Lakers akan kehilangan Russell secara cuma-cuma. Akan tetapi, Lakers sendiri bisa saja menjadi salah satu tim yang memberikan kontrak baru jangka panjang untuk Russell. Sejauh ini, sumber yang sama menyebutkan bahwa Orlando Magic dan San Antonio Spurs jadi dua tim yang terus memantau masa depan Russell. 

Russell sendiri sejatinya memberikan performa yang tidak jelek dalam perjalanan keduanya bersama Lakers. Ia menorehkan rataan 18,0 poin, 3,1 rebound, dan 6,3 asis per gim dengan akurasi tripoin di angka 41,5 persen. Akurasi tripoin ini jadi yang tertinggi sepanjang kariernya. 

Menarik menunggu keputusan Russell untuk masa depannya. Pasalnya, besar kemungkinan keputusan ini akan mempengaruhi pergerakan Lakers dan beberapa tim lain dalam mencari pemain bebas atau melakukan pertukaran di jeda musim nanti. (DRMK)

Foto: Getty Images 

Komentar