IBL

Semua mata tertuju pada Victor Wembanyama setelah dia terpilih sebagai pemain pilihan pertama dalam Draft NBA 2023. Wemby dapat perhatian khusus, termasuk barang-barang yang dia pakai. Untuk sepatu basket, pemain berusia 19 tahun tersebut akan terus memakai Nike Zoom G.T. Run Custom di NBA musim depan.

Kata "Custom" di belakang jenis sepatu Nike ini menarik. Karena ada alasan tersendiri kenapa kata tersebut selalu mengikuti sepatu yang dipakai Wembanyama. Nike sudah merekrut Wembanyama sebagai duta, jauh sebelum dia jadi prospek teratas NBA. Sehingga saat Wembanyama masuk NBA, merek tersebut akan mengikutinya. 

Sonny Vaccaro, eksekutif pemasaran senior Nike, yang terkenal karena berhasil mendapatkan tanda tangan Michael Jordan, ikut berkomentar soal Wembanyama. "Dia unik. Tapi unik dalam hal yang bagus. Karena sepanjang hidup saya, belum pernah melihat pemain seperti ini. Anak ini akan membuat sejarah," kata Vaccaro, dikutip dari Sportskeeda

Namun Nike belum yakin seratus persen tentang masa depan Wembanyama. Oleh karena itu, mereka memberikan sepatu khas pemain (player edition). Karena ukurannya di atas sepatu normal, maka Nike menyematkan kata "Custom" di belakang Wembanyama. Sepatu Nike Zoom G.T. Run milik Wembanyama berukuran 20,5. Nike membuatkan beberapa pasang sepatu untuk dipakai, termasuk nantinya di NBA. 

Foto: Sportskeeda

Nick DePaula dari ESPN melaporkan bahwa kesepakatan alas kaki dan pakaian Wembanyama sebelumnya dengan Nike akan terbawa ke NBA. Wembanyama menandatangani kesepakatan sepatu kets selama beberapa tahun dengan Nike selama karier profesionalnya di Prancis. Nike Zoom G.T. Run diluncurkan pada Juli 2021 seharga 175 dolar Amerika untuk ukuran dewasa. Meskipun tidak memiliki nama atlet khas yang melekat, model ini menampilkan beberapa teknologi Nike yang paling mutakhir. 

Sepatu ini memakai Midsole Nike React, dan Zoom Air di kaki depan. Kemudian bagian atas dua lapis terbuat dari jala ringan untuk memberi kesan pecah-pecah, dan lapisan cetak haptic bertekstur untuk daya tahan ekstra. Terakhir, sol karet tipis memiliki tonjolan melengkunguntuk memberikan traksi ke berbagai arah. 

Pakar industri sepatu memperkirakan bahwa Nike kemungkinan akan memberikan kontrak senilai 100 juta dolar untuk Wembanyama. Ini akan melampaui rekor yang dibuat oleh LeBron James pada tahun 2003, ketika dia menandatangani kontrak tujuh tahun senilai 90 juta dolar Amerika. Baru-baru ini, Nike dan Victor Wembanyama sudah membocorkan bahwa akan ada kesepakatan baru antara mereka berdua. Banyak yang berharap Nike Zoom G.T. Run Custom ini akan dinamai Wembanyama. (*)

Foto: New York Post

Komentar