Milwaukee Bucks buka semifinal Wilayah Timur dengan kemenangan meyakinkan 101-89 atas tuan rumah Boston Celtics, Minggu, 1 Mei 2022, waktu setempat. 

Jarak akhir kedua tim memang hanya 12 poin, namun Bucks selalu dalam posisi unggul sejak melaju (10-0) di akhir kuarter pertama. Laju tersebut terjadi usai Celtics unggul 8 poin.

Pertahanan Bucks melebihi pertahanan Celtics yang superior di ronde pertama kala menyapu bersih Brooklyn Nets. Celtics hari ini tertahan hanya memasukkan 34 persen tembakan mereka. 

Celtics bahkan kesulitan menemukan celah di area kunci Bucks terbukti dengan total percobaan tripoin mereka yang sampai 50 kali. Celtics sendiri total melepaskan 84 tembakan. Dalam sejarah playoff NBA, Celtics adalah tim ke-11 yang melepaskan setidaknya 50 tripoin dalam satu gim. Dari jumlah tim tersebut, hanya dua yang berujung kemenangan.

Giannis Antetokounmpo tampil bertenaga. Meski kesulitan dalam menemukan akurasinya, Giannis menutup gim dengan tripel-dobel 24 poin, 13 rebound, dan 12 asis. Giannis hanya memasukkan 9/25 tembakan (36 persen) yang merupakan catatan terburuk ketiga sepanjang karier playoffnya saat ia melepaskan setidaknya 20 tembakan.

Pun demikian, Giannis menorehkan rekor dengan tripel-dobel ini. Ia adalah pemain Bucks pertama dalam sejarah yang memiliki lebih dari satu kali tripel-dobel di playoff. Sepanjang sejarah Bucks, hanya ada Paul Pressey dan Kareem Abdul-Jabbar yang mencetak tripel-dobel di playoff. 

Jrue Holiday adalah top skor Bucks dengan 25 poin, 9 rebound, 5 asis, dan 3 steal. Bobby Portis pun solid dengan dobel-dobel 15 poin plus 11 rebound, sementara Grayson Allen memimpin barisan cadangan dengan 11 poin. Rotasi utama delapan pemain Bucks mencetak masing-masing setidaknya lima poin. 

Dari Celtics, Jayson Tatum adalah top skor tim dengan 21 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Tatum hanya memasukkan 6/18 tembak (33 persen). Al Horford dobel-dobel 12 poin dan 10 rebound. 

Jaylen Brown juga mencetak 12 poin yang ditambahkan 9 rebound dan 6 asis . Marcus Smart 10 poin dan 6 asis, sedangkan Derrick White melengkapi daftar melalui 10 poin plus 4 rebound dari bangku cadangan.

Smart sempat mengalami cedera di bahunya pada kuarter kedua. Ia berbenturan dengan Jevon Carter. Namun, Smart kembali bermain di paruh kedua dan total berlaga selama 32 menit. 

Gim 2 akan digelar lusa, masih di TD Garden. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar