Setiap negara di dunia biasanya punya penghormatan tersendiri bagi para veteran. Tak terkecuali Amerika Serikat. Bentuk apresiasi atas jasa di masa lampau tidak terbatas dari pemerintah. Masyarakat pun turut aktif. Hal itu yang dilakukan Under Armour dan Dwayne Johnson.

Kedua belah pihak bekerja sama dengan Travis Mansioni Foundation (TMF) membuat program Character Does Matter. Cakupannya mencapai 2000 veteran dan 400.000 anak. Tahun ini memperingati dua tahun pelaksanaannya dan sudah mencakup ke 50 negara bagian.

Para pensiunan tentara dan prajurit perang mendapatkan pelatihan, dukungan, dan bantuan materi untuk memberikan mereka semangat dalam hidup. Pembentukan karakter menjadi fokus utama. Kemudian, mereka akan diterjunkan ke sekolah, komunitas, dan tim olahraga untuk membagikan pengalaman dalam hidup. Salah satu manfaatnya adalah pembentukan mental bagi generasi muda.

“Character Does Matter menjadi program pengembangan karakter yang dilaksanakan ke sekolah dan anak-anak muda. Kami akan terus melakukannya dalam beberapa tahun ke depan,” kata Ryan Manion sebagai presiden Travis Manion Foundation.

Dwayne Johnson melalui koleksi Project Rock kemudian melepas edisi terbatas For the Heroes. Sebagai bentuk dukungan kepada program ini. Johnson ingin memberikan penghormatan kepada para veteran atas dedikasi serta pengorbanan mereka selama bertugas.

“Saya kagum dengan para veteran. Mereka tetap mengabdi kepada masyarakat meski sudah bukan lagi anggota pasukan. Para pahlawan ini ada di sekitar kita. Berjalan di antara manusia-manusia lainnya. Dedikasi, karakter, dan kepemimpinannya patut kita jadikan sebagai teladan,” kata Johnson.

Pemain film ‘Fast and Furious 9’ itu juga mengapresiasi Ryan Manion dan yayasan yang dijalankannya. Menurutnya, kehadiran pihak-pihak seperti mereka dapat membantu memberi dukungan kepada para veteran. Sekaligus menjembatani masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan.

Oleh karena itu, Johnson mendukung dengan koleksi-koleksi spesial yang dibagikan secara cuma-cuma kepada veteran. Terutama yang terjun untuk berbagi dengan anak-anak dan remaja. Sebagian keuntungan akan dialokasikan untuk memberi tambahan pelatihan skills serta kemampuan lain. Sehingga dampak positif kepada lingkungan akan terus tertular.

Sebagai informasi, Travis Manion sendiri merupakan mantan tentara berpangkat Letnan Pertama Angkatan Darat AS. Ia meninggal secara tragis akibat tembakan sniper ketika sedang bertugas di Al Anbar, Irak, pada 29 April 2007. Ryan lalu mengabadikan jasa saudara kandungnya dengan mendirikan yayasan untuk membantu para veteran.

“Veteran ini ibaratnya adalah mentor bagi anak-anak. Mereka harus ada di antara kita. Jadi dengan mendukung yayasan seperti TMF, kita bisa mengamankan aset berharga bagi buah hati di masa mendatang,” pungkas Johnson. (ajb)

Foto: Under Armour

Komentar