Mawar Sharon Eagles sukses mempertahankan gelar juara Piala Walikota Surabaya. Dua tahun berturut-turut tim ini mendominasi salah satu turnamen bergengsi di Kota Pahlawan tersebut. Di edisi tahun ini, Eagles menjadi juara setelah menundukkan D-Mix dengan skor 111-82.

Eagles memang luar biasa, mereka punya materi pemain yang mewah. Barisan big man dan shooter melimpat. Sedangkan mereka juga punya pemain asing terbaik di IBL 2017, Gary Jacobs Jr. yang bertugas mengatur serangan. Sedangkan D-Mix masih tetap mengandalkan trio andalan, Dior Lowhorn, Kevin Loiselle dan Jarron Crump. Hasilnya, Eagles sangat dominan. Mereka sudah unggul 31-14 di kuarter pertama. Sejak itu, Eagles benar-benar tidak terkejar lagi.

Di laga ini, Marcus Bell dan Deronn Scott sama-sama menyumbang 23 poin. Bell yang juga menambahkan 19 rebound, serta dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) di turnamen Piala Walikota Surabaya 2017.

Sementara di laga sebelumnya, BBM berhasil merebut tempat ketiga setelah menundukkan CLS Knights Surabaya, 80-70. CLS Knights memang memberikan perlawanan yang sengit, namun big man BBM lebih perkasa. CLS Knights tak kuasa membendung mereka di bawah ring.

Piala Walikota Surabaya kali ini sangat meriah dengan hadirnya pemain asing. Namun karena jumlahnya terlalu banyak, maka banyak pertandingan tidak seimbang. Ini pun disadari oleh Ketua Perbasi Surabaya, Evi Ekawati.

"Kami juga kaget karena pada gelaran sebelumnya memang tidak sebanyak ini. Sehingga peraturan untuk pemain asing pada tahun 2016 dan 2017 ini sama, tidak kami ubah. Kami tidak bermaksud untuk tidak memberi ruang kepada pemain lokal, tapi kami akan berbenah. Mungkin di gelaran selanjutnya akan kami evaluasi," ujarnya.

Foto: Dite Surendra

Komentar