Pertandingan tim putra Bali melawan Papua menutup hari pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Rabu, 29 September 2021. Bali menang 61-47 melawan Papua, yang didukung pendukung tuan rumah.

Selain menahan serangan tim Papua, Bali harus menghadapi tekanan dari pendukung tuan rumah. Namun mereka membuktikan bahwa tidak ada yang perlu ditakuti di lapangan. Meski Bali sendiri juga tidak begitu bagus dalam akurasi tembakan jarak jauh. Karena mereka hanya memasukkan 5 tripoin dari 30 percobaan.

Bali mencetak 32 poin di paint area, 17 poin dari second chance dan 12 poin dari fast break, dan 12 poin dari turnover. Sebaliknya, Papua dengan keunggulan tinggi badan bisa menguasai area kunci, namun kurang bagus dalam penyelesaian akhir. Mereka hanya mencetak akurasi tembakan 16/52 (30 persen).

Dari tim Bali, Ida Bagus Murda Arghantara mencetak 15 poin. Lalu dari bangku cadangan, Putu J. Satria Pande menyumbang 13 poin. Pande merupakan pemain Indonesia Patriots di IBL 2021. Sementara dari Papua, tidak ada yang mencetak poin digit ganda. Poin tertinggi Papua dicetak oleh Mikael Andreas Cores Baliba dan Jansen Calvin Niwar yang masing-masing menyumbang sembilan poin.

Setelah hasil hari ini, Bali dan Sulawesi Utara menduduki peringkat teratas di klasemen sementara Grup B. Besok, Sulawesi Utara akan berhadapan dengan Jawa Timur. Sementara Bali akan bertanding melawan Bangka Belitung. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar