Pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup) 2021 hanya punya waktu beberapa hari untuk persiapan. Mereka akan bertolak ke Clark City, Filipina, akhir pekan ini. Sementara, 12 pemain akan dipilih pada hari Jumat. Indonesia tidak diperkuat Brandon Jawato yang cedera. 

Seperti yang sudah diberitakan mainbasket.com sebelumnya, bahwa ada 17 pemain yang mengikuti TC timnas di bawah asuhan kepala pelatih Rajko Toroman, di Jakarta. Namun jumlah sebenarnya ada 18 pemain. Sebab, ada satu pemain yang sudah pasti bakal berangkat ke Filipina, yaitu Lester Prosper.

"Jadi begini, 17 pemain tersebut adalah pemain milik klub, termasuk Indonesia Patriots. Mereka juga dianggap sebagai sebuah klub, di luar timnas senior. Jadi mereka harus dipanggil kalau ada agenda timnas. Sementara ada dua pemain yang sudah berstatus pemain timnas itu sendiri, yaitu Brandon Jawato dan Lester Prosper. Sehingga, mereka sudah otomatis masuk timnas, tanpa harus ada pemanggilan, seperti yang terlampir di media sosial," ungkap Maulana Fareza Tamrella, selaku Manajer Timnas Indonesia.

Untuk saat ini, Lester Prosper sudah bergabung dengan pemusatan latihan. Dia dipastikan bakal masuk dalam roster timnas Indonesia di Window 3 FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers, 16-20 Juni nanti. Sementara, Brandon Jawato bakal absen membela timnas karena cedera.

"Untuk sementara, Brandon Jawato harus menjalani terapi penyembuhan cedera pinggang. Waktu yang diperlukan kira-kira sampai akhir bulan Juni nanti. Jadi Jawato tidak akan ikut ke Filipina," kata manajer yang akrab disapa Mocha tersebut kepada Mainbasket. 

Karena sudah ada Lester Prosper, maka tinggal 11 pemain lagi yang bakal mengisi roster timnas Indonesia. Dari 17 nama tersebut, ada delapan pemain dari tim finalis IBL 2021, Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Sisanya ada dari Prawira Bandung, West Bandits Solo, dan Indonesia Patriots. Roster timnas Indonesia di Window 3 FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers akan diumumkan hari Jumat, 11 Juni 2021. (tor)

Foto: fiba.basketball

 

Komentar