Kompetisi basket pelajar di Indonesia berkembang pesat. Bahkan setiap daerah di Indonesia punya agenda-agenda rutin yang selalu ada tiap tahun. Di Jawa Timur, ada salah satu kejuaraan yang sudah digelar sejak 1998, yakni SMUBOY CUP. Gelaran tersebut hingga kini sudah menginjak tahun ke-19. Bahkan sudah jadi ikon SMA Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung.

"Alhamdulillah, saya rasa banyak sekali peningkatan signifikan di kejuaraan ini. Utamanya dari jumlah peserta, kualitas pemain dan juga penyelenggaraan," ucap Kepala SMAN 1 Boyolangu, Drs. H. Gatot Uman Hadi, MM.

Gatot menambahkan, pihak sekolah memberi perhatian khusus untuk SMUBOY CUP, sebab dirasa memang sudah jadi ikon dan bisa jadi pembelajaran yang baik. Para siswa bisa belajar bagaimana menyelenggarakan sebuah kejuaraan yang baik, juga belajar berhubungan langsung dengan dunia luar seperti sponsor dan media.

"Kami beri dukungan penuh untuk kejuaraan ini. Kami juga selalu memacu siswa-siswi untuk bisa memberikan sesuatu yang berbeda setiap tahunnya. Namun tetap kembali lagi, bahwa setiap kegiatan yang dilaksanakan sekolah harus bisa jadi ruang belajar bagi siswa-siswi," tambah Gatot.

SMUBOY CUP tidak hanya jadi kejuaraan basket antar SMA dan sederajat, namun sudah menggelar untuk SMP (SMABOY CUP JUNIOR) selama lima tahun terakhir. Selain itu ada juga dance, journalist dan berbagai kompetisi lainnya.

SMUBOY CUP

Para Jawara Melaju Mulus Ke Playoff

Tahun ini SMUBOY CUP XIX diikuti 38 peserta dengan rincian, 22 tim putra dan 16 tim putri. Sementara untuk SMABOY CUP JUNIOR V ada 26 peserta yang bertanding, yakni 13 tim putra dan 13 tim putri.

Tim-tim tersebut sudah menjalani pertandingan di babak penyisihan pada 2 hingga 27 Februari 2017. Hasilnya, para jawara sukses melaju mulus ke babak delapan besar atau playoff.

Di babak penyisihan, masing-masing kategori dibagi menjadi empat grup. Dengan menggunakan sistem setengah kompetisi, dua tim teratas lolos ke delapan besar.

Dari hasil klasemen, terlihat bahwa tim-tim yang berhasil melaju ke playoff sangat dominan. Juara grup selalu diraih oleh tim yang tidak pernah kalah di babak penyisihan.

Di kategori SMA putri, SMAN 3 Blitar, SMAN 1 Blitar, SMKN 2 Kediri dan SMKN 1 Boyolangu jadi juara grup. Sementara di sektor putra ada SMKN 3 Boyolangu, SMAN 1 Blitar, SMAN 1 Kedungwaru, dan SMKN 1 Kediri.

Untuk kategori SMP putri, empat tim yang menduduki puncak klasemen adalah SMPN 9 Blitar, SMPN 1 Blitar, SMPK Yos Sudarso dan SMPN 1 Kedungwaru. Lalu di kategori putra, empat tim teratas adalah SMPN 9 Blitar, SMPK Yos Sudarso, SMPN 1 Tulungagung dan SMPK Santa Maria.

Semua pertandingan berlangsung di GOR Lembu Peteng, Tulungagung. Sedangkan untuk laga final akan digelar pada 11 Maret 2017. Selain ada perebutan juara, di hari yang sama panitia akan menyuguhkan aksi dari bintang tamu yang masih dirahasiakan namanya.

Berikut Bagan Delapan Besar SMUBOY CUP XIX dan SMABOY CUP JUNIOR V:

Smaboy Tree-01 (1)

Foto: dokumentasi smuboy cup

Komentar