Teka-teki dimulainya NBA musim 2020 – 2021 mulai menemui titik terang. Sempat dilaporkan mungkin baru dimulai pada Januari, NBA datang dengan ide dimulai per 22 Desmeber 2020 dan jumlah gim berkuang menjadi 72 gim saja. Ide ini sudah disepakati oleh deretan petinggi NBA dan baru saja dikabarkan bahwa asosiasi pemain NBA (NBPA) juga secara tentatif sepakat atas hal ini. Kabar ini disampaikan pertama kali oleh ESPN.

Sebelum ini, sempat beredar isu bahwa pemain-pemain NBA utamanya yang berlaga di playoff akan menolak usulan untuk memulai musim di bulan Desember, apalagi Miami Heat dan Los Angeles Lakers yang beru menyelesaikan musim per Oktober lalu. Namun, hasil pemungutan suara ini menjadi jawaban yang tepat atas isu tersebut.

Setelah urusan tanggal terselesaikan, NBA dan NBPA akan kembali ke meja perundingan untuk membahas kesepakatan baru mengenai ruang gaji pemain musim depan. Meski perundingan ini terjadi cukup sering, diyakini perundingan kali ini akan berjalan alot mengingat pandemi virus korona yang cukup membuat NBA kehilangan banyak pendapatannya. Diperkirakan ruang gaji untuk musim depan adalah AS$109 juta atau tidak berubah dari musim ini. Biasanya, tiap tahun NBA akan menaikkan ruang gaji seiring pendapatan yang juga naik.

(Baca juga: NBA Musim 2020-2021 Hampir Pasti Dimulai 22 Desember)

Kesepakatan tanggal 22 Desember 2020 sebagai tanggal dimulainya NBA juga akan membuat jadwal semakin padat. Setelah perundingan gaji, NBA akan dihadapkan pada gelaran tahunan NBA Draft. NBA Draft 2020 akan digelar 18 November 2020. Isu yang berkembang, dua hari sebelum malam draft, NBA sudah akan memperbolehkan transaksi pertukaran pemain dan hak pilih.

Selanjutnya, dua atau tiga hari pascadraft, diharapkan pasar pemain bebas sudah dibuka. NBPA dan tim-tim NBA berharap sudah bisa menyelesaikan transaksi di dua minggu terakhir bulan November dan bisa memulai pemusatan latihan tim per 1 Desember. Jika skenario ini berjalan tepat waktu, maka tim-tim NBA akan memiliki waktu dua minggu untuk pemusatan latihan dan kemungkinan satu minggu sisanya untuk laga pramusim.

Melihat rangkaian kesepakatan ini, satu hal yang sudah pasti hilang adalah NBA Summer League. Dengan ini, para penggemar NBA tidak bisa melihat aksi para ruki terlebih dahulu. Barisan pemain baru tersebut benar-benar akan mendapatkan panggungnya langsung di laga pramusim atau musim reguler. Selamat datang kembali NBA! (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar