Marc Gasol menjadi bagian penting dalam perjalanan Toronto Raptors meraih gelar juara NBA 2019 lalu. Datang di tengah musim dari Memphis Grizzlies, Marc seolah menjadi kepingan terakhir yang melengkapi skuad utama Raptors yang kala itu sudah dihuni Kyle Lowry, Danny Green, Kawhi Leonard, dan Pascal Siakam.

Sayangnya, musim ini, Marc gagal memberikan kontribusi yang baik. Cedera membuatnya hanya tampil 44 kali dan memberi sumbangsih 7,5 poin, 6,3 rebound, dan 3,3 asis per gim. Catatan poin dan rebound tersebut merupakan yang terendah sepanjang 12 musim perjalanan kariernya di NBA. Hal ini diperburuk dengan hasil akhir Raptors yang gagal mengulang prestasi musim lalu usai tersingkir dari Boston Celtics di semifinal Wilayah Timur melalui tujuh gim.

Sederet penurunan performa ini membuat Marc dikabarkan membuka kemungkinan untuk bermain di Eropa musim depan. Kabar ini pertama kali dikabarkan oleh Radio Ser Catalunya. Selain karena penurunan performa, satu alasan kuat lainnya Marc kembali ke Eropa adalah untuk semakin dekat dengan keluargany.

(Baca juga: Marc Gasol Ungkap Alasan Turunkan Berat Badan)

Pun demikian, belum ada keputusan resmi dari pemain berusia 35 tahun ini. Marc juga masih membuka kemungkinan untuk bermain di NBA andai ada tawaran yang sesuai. Sebagai seorang senter, dengan permainan basket modern ini, Marc dituntut untuk lebih menajamkan akurasi tembakan jarak jauh ketimbang berkutat di bawah ring. Hal ini seharusnya bisa membuat ia bertahan lebih lama lagi di NBA.

Namun, seandainya Marc kembali ke Eropa, maka besar kemungkinan gim lawan Celtics lalu akan menjadi gim terakhirnya di NBA. Selain meraih gelar juara musim lalu, Marc juga memiliki segudang catatan individu apik di NBA. Ia tiga kali terpilih sebagai All Star (2012, 2015, 2017), Defensive Player of the Year (2013), dan All-NBA First Team pada 2015 lalu. Bersama tim nasional Spanyol, Marc juga berhasi meraih medali emas pada Piala Dunia FIBA 2019 Cina.

Aksi pemain Eropa kembali ke kampung halamannya karena alasan keluarga bukanlah hal baru di NBA. Musim lalu, mantan pemain Chicago Bulls, New Orleans Pelicans, dan Milwaukee Bucks, Nikola Mirotic, meninggalkan tawaran kontrak jutaan dollar demi lebih dekat dengan keluarganya di Spanyol. Mirotic kini bermain untuk Barcelona. (DRMK)

Foto: NBA

 

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Orlando Magic Jadi Salah Satu Tim dengan Kondisi Finansial Terbaik Musim Depan
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Nike Lakukan Tes Pasar untuk Jordan Poole dengan Nike GT Cut 3 PE
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis
Rumor Baru, Clippers Masukkan Penawaran untuk Zach LaVine