Sepatu basket Michael Jordan yang dipakai bertanding pada musim ruki-nya telah memecahkan rekor. Sepatu tersebut laku dengan harga AS$ 560 Ribu. Tahun lalu rumah lelang Sotheby menjual Nike "Moon Shoes" dengan harga AS$ 437.500.

Sepatu Air Jordan 1 yang dilelang online oleh Sotheby kali ini adalah milik Michael Jordan langsung yang dibuat dan dipakai pada 1985. Lebih istimewa lagi, ditandatangani sang legenda. Michael Jordan memakai sepasang sepatu tersebut di awal kariernya. Menandai titik penting dalam sejarah basket dan melambungkan popularitas sepatu basket warna-warni.

Sepatu ini dibuat khusus untuk Michael Jordan dengan ukuran kanan dan kiri yang berbeda, yaitu 13 (kiri) dan 13,5 (kanan). Terdapat tag "TYPS" di bagian kerah pergelangan kaki, yang menandakan bahwa sepatu tersebut adalah "Player Sample", atau dibuat khusus untuk pemain. Bukan sepatu yang dijual bebas di pasaran.

Awalnya Sotheby berharap bisa menjual seharga AS$ 100 Ribu hingga AS$ 150 Ribu. Tetapi justru yang didapatkan berbeda. Dilaporkan 10 penawar dari enam negara dan empat benua bertarung mendapatkan sepatu ini. Akhinya Sotheby menutup lelang dengan harga AS$ 560 Ribu atau setara sekitar 8,3 miliar rupiah. Penjualan AJ1 ini mengalahkan rekor tahun lalu. Sotheby pernah menjual Nike "Moon Shoes" 1972 dengan harga AS$ 437.500.

"Setelah perang penawaran, maka di hari terakhir ada yang menawar AS$ 300 Ribu. Dalam dua puluh menit terakhir ternyata naik 3,5 kali. Jadi kami tutup dengan harga AS$ 560 Ribu," kata Sotheby dalam rilis resminya.

Air Jordan 1 ini dipakai Michael Jordan sampai 29 Oktober 1985. Tepatnya selelah kakinya patah. Kemudian Michael Jordan tidak bermain selama 64 pertandingan di musim keduanya. Ketika kembali ke permainan, Michael Jordan memakai versi modifikasi Air Jordan 1. (tor)

Foto: Shoteby

Komentar