Pandemi virus corona (SARS-CoV-2) atau yang dikenal juga dengan Covid-19 telah memaksa NBA menghentikan musim sampai waktu yang tidak ditentukan. Semenjak pemberhentian tersebut, hampir semua tim dan pemain NBA hingga WNBA telah membuat video layanan masyarakat yang mengingatkan pentingnya kewaspadaan terhadap sebaran virus ini.

Video-video tersebut berhasil bersentuhan langsung dengan masyarakat, terbukti dengan total 37 juta kali video tersebut dilihat. Dari catatan itu, NBA beserta seluruh bagiannya akhirnya sepakat untuk meluncurkan wadah baru untuk masyarakat bernama “NBA Together.” Berdasarkan rilis resmi, “NBA Together,” adalah kampanye melibatkan masyarakat global yang bertujuan untuk mendukung, mendidik, dan menginspirasi remaja, keluarga dan keseluruhan penggemar NBA dalam menanggapi pandemi virus corona.

Melalui “NBA Together” ini, NBA berkomitmen untuk berkontribusi dan membantu mengumpulkan lebih dari AS$50 juta untuk mendukung orang-orang yang terkena dampak virus corona, masyarakat secara keseluruhan, dan organisasi menyediakan perawatan kesehatan di seluruh dunia. Sejauh ini, “NBA Together” sudah mengumpulkan AS$30 juta dari komitmen yang dibuat oleh tim-tim dan pemain-pemain dari NBA serta WNBA.

“NBA Together” ini akan memiliki empat pilar utama dalam perjalanannya. Pilar pertama adalah “Know the Facts,” atau yang berarti ketahui faktanya. Di sini, “NBA Together” akan memberikan semua informasi akurat tentang perkembangan pandemi virus corona. Informasi ini sendiri akan datang dari sebuah laman khusus yang datanya dipastikan tepat oleh pihak berwenang seperti Centers for Disease Control and Prevention (CDC), World Health Organization (WHO), serta pakar kesehatan Amerika Serikat.

Pilar kedua adalah “Acts of Caring” yang juga berarti tindakan kepedulian. Seiring dengan wacana social distancing, maka tindakan di sini akan dilakukan secara virtual. NBA akan mengajak pemain, pelatih, penggemar, hinggabeberapa tokoh publik untuk berbagi bagaimana cara mereka memberikan dukungan morel kepada kerabat hingga masyarakat umum. Caranya dengan mengunggah foto atau video di jejaring sosial seperti Twitter, Instagram, hingga TikTok dengan menggunakan tagar #NBATogeteher.

“Expand Your Community” jadi pilar ketiga “NBA Together.” Sesuai dengan artinya, pilar ketiga ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas bersama meski sedang menjalankan social distancing. Caranya adalah dengan peluncuran “Jr. NBA at Home,” sebuah konten interaktif yang akan mengajak para penggemar NBA khususnya yang masih muda untuk berlatih. Nantinya, konten di sana akan diisi oleh para pemain dan pelatih NBA atau WNBA.

Pilar terakhir “NBA Together” adalah sebuah tayangan langsung yang menghadirkan bagian dari keluarga besar NBA bertajuk “NBA Together Live.” Di sini, wadah yang dipilih adalah Instagram Live. Nantinya, pemain atau pelatih NBA hingga WNBA akan menyapa langsung para penggemar dan mengadakan sesi tanya-jawab. Untuk seri pertama, bintang Cleveland Cavaliers, Kevin Love, akan menjadi bintang tamu. Acara ini akan digelar Jumat sore, 20 Maret 2020, waktu setempat.

Frasa “Bigger than Basketball” (lebih dari sekadar olahraga basket) seolah tergambar nyata dalam gerakan yang dilakukan NBA ini. Sebagai liga basket nomor satu dunia, NBA menunjukkan keseriusan mereka menghadpi krisis global dan menyediakan wadah untuk semua penggemarnya berkumpul, meski tak harus bertemu. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar