Kepergian Kawhi Leonard tidak selalu menyisakan duka. Bagi Pascal Siakam, kepergian itu justru kesempatan besar. Saat Leonard tidak ada, ia akan mengambil alih kepemimpinan tim.

Toronto Raptors juga berencana untuk melepas belenggu Siakam. Kepala Pelatih Nick Nurse ingin memberinya lebih banyak kebebasan dan kesempatan. Dalam permainan, Siakam adalah opsi utama Raptors.

“Saya pikir situasi ini membuatnya mesti melebarkan peran,” kata Nurse kepada Toronto Star. “Mungkin menjadi opsi utama kami dalam menyerang. Lagi-lagi tembakannya terus berkembang. Padahal itu bukan bagian dari permainannya beberapa tahun lalu. Ia semakin memadai sekarang. Ia mesti siap dan mengambil kesempatan itu.”

Siakam sendiri telah berlatih untuk itu. Ia menyiapkan diri selama musim panas ini. Siakam melatih cara mengolah bola dan mengasah tembakan jarak menengahnya di lapangan. Nurse menilai pemainnya kini jadi lebih serbaguna.

“Ia sangat fleksibel saat membawa bola. Kami akan memberinya lebih banyak kebebasan, lebih banyak kesempatan untuk terus melebarkan permainannya. Ia akan menjadi seseorang yang hebat,” kata Nurse lagi.

Pada 2018-2019 lalu, Siakam juga telah membuktikan kualitasnya sebagai pemain elit di NBA. Ia tampil dalam 80 pertandingan dengan rata-rata 16,9 poin, 6,9 rebound, dan 3,1 asis. Persentase tembakan keseluruhannya (FG%) mencapai 54,9 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan (eFG%) 59,1 persen. Sementara true shooting percentage (TS%) 62,8 persen.

Dengan performa seperti itu, NBA pun menobatkan gelar Most Improved Player of the Year kepadanya. Siakam juga berhasil mengantarkan Raptors menjadi juara. Ia membantu tim mengalahkan Golden State Warriors 4-2 di Final NBA.

Musim depan, Raptors akan tampil tanpa Leonard. Sang Forwarda memang menjadi alasan besar tim asal Toronto itu dalam meraih gelar juara. Namun, kontribusi Siakam juga tidak bisa dikesampingkan. Ia akan membuktikannya musim depan. (put)

Foto: NBA

Komentar