Ranah hip-hop memang lekat dengan olahraga basket. Di setiap pertandingan, kita pasti akan mendapati dentuman dahsyat musik asli Amerika itu mengiringi keringat para penggawa lapangan kayu. Korelasi itu kemudian jadi dasar penciptaan lagu hip-hop oleh rapper dan DJ Indonesia. Ialah NSG, seorang DJ yang baru saja merilis lagu berjudul "Made In Indonesia" dengan menggandeng Tuan Tigabelas dan  Willy Winarko.

Tuan Tigabelas adalah rapper yang tengah naik daun. Ia pun sempat mengumandangkan tembang-tembang rap berkualitasnya saat meramaikan Solexhibition Part 5 di Surabaya. Kali ini, ia pun unjuk gigi saat diundang sebagai bintang tamu Urban Sneaker Society di Jakarta. Sementara Willy Winarko adalah rapper muda yang tengah melejit lewat karya-karya apiknya di kultur musik yang ia geluti.

NSG sendiri adalah nama panggung dari Nutyas Surya Gumilang. Pemuda kebanggaan Indonesia ini terbukti sudah menunjukkan dedikasinya di ranah musik. Lahir di Indonesia dan besar di Inggris, Nutyas telah mengenal musik sejak muda. Oleh karena itu, ia lalu menempuh pendidikan formal di Universitas Kingston bidang musik. Pemilik NSG Records Label itu memfokuskan belajarnya pada genre EDM untuk kemudian berprofesi sebagai DJ.

Pendidikan formal tersebut dijadikan modal utama untuk menggebrak pasar musik di Indonesia. Ia tercatat telah bekerja dengan musisi kenamaan seperti Rinni Wulandari, Zara Leora, Maria Simorangkir, Indah Dewi Pertiwi, hingga Citra Scholastika. Pengalaman tampilnya pun layak diacungi jempol. Nutyas bahkan pernah jadi kontestan ajang The Remix besutan NET TV.

Dengan modal pengalaman seperti itu, maka kehadirannya di industri ini layak diperhitungkan. Meski belajar dan memiliki referensi musik dari barat, ia tak segan membuat lagu bertema Nasionalisme. Ia pun telah meramunya dengan apik lewat aransemen menghentak berpadu dengan tautan lirik menawan khas Tuan Tigabelas dan Willy Winarko.

Lagu "Made In Indonesia" ini bisa jadi pilihan tepat untuk mengisi hari Minggu Anda. Tentu juga bisa jadi pilihan untuk menaikkan mood bilamana Anda tengah dirundung kegalauan.

Komentar