Jokic-Doncic Minta NBA Global Games Digelar di Serbia dan Slovenia

| Penulis : 

Nikola Jokic dan Luka Doncic iri. Kedua bintang NBA itu juga ingin NBA Global Games diadakan di negara mereka yakni Serbia dan Slovenia. Tetapi Komisaris NBA Adam Silver menegaskan bahwa itu sulit dilakukan.

Saat bertemu awak media di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Silver menjelaskan kenapa pihaknya sulit merealisasikan permintaan tersebut. Permasalahannya adalah bisnis. NBA menghitung keuntungan.

“Ini tantangan yang sulit karena mengadakan gim-gim ini memerlukan sumber daya yang sangat besar dan terus terang, secara finansial tidak masuk akal jika mengadakannya satu kali,” kata Silver dilansir melalui Mozzart Sport.

Lebih lanjut, Silver menyebutkan alasan NBA menggelar pertandingan di kota-kota tertentu tahun ini. “NBA Global Games bisa diadakan di Mexico City, Paris, dan di sini, di Abu Dhabi karena merupakan dari inisiatif jangka panjang,” imbuhnya.

Ini bukan pertama kalinya bintang NBA luar Amerika Serikat menginginkan negaranya dikunjungi Global Games. Giannis Antetokounmpo juga pernah menyatakan harapannya agar NBA bisa datang ke Yunani.

“Saya sangat menghargai antusiasme penggemar di Serbia, Slovenia, dan Yunani, seperti yang diupayakan oleh Jokic, Antetokounmpo, dan Doncic untuk membawa NBA ke negara mereka,” ujar Silver.

“Tapi hal itu tidak mudah dilakukan. Kami akan terus mempertimbangkannya di masa mendatang. Meskipun secara biaya pelaksanaan acara ini meningkat setiap tahun. Saya ingin menemukan cara untuk menghormati para pemain hebat ini.”

NBA Abu Dhabi Games 2024 menjadi agenda pramusim rutin sejak 2022. Tahun ini mereka membawa Boston Celtics dan Denver Nuggets. Musim sebelumnya ada Atlanta Hawks dan Milwaukee Bucks.

Sedangkan untuk musim reguler, NBA menjadwalkan kota Paris dan Mexico City. San Antonio Spurs akan melawan Indiana Pacers pada 23 dan 25 Januari 2025. Kemudian Mexico City menjadi tuan rumah gim Miami Heat vs Washington Wizards pada 2 November mendatang.

NBA Global Games sudah dilakukan sejak tahun 1970-an yang mencangkup laga pramusim dan musim reguler di luar AS dan Kanada. Untuk musim reguler, NBA pernah menggelar pertandingan di Jepang, Italia, Inggris, Meksiko, dan Prancis. Sedangkan pramusim lebih banyak lagi. Seperti Cina, India, Brasil, Filipina, Taiwan, Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, hingga Puerto Riko. (rag)

Foto: Getty Images

Populer

Tanpa KAT, Timberwolves Kembali Diremehkan
Penampilan Mengesankan Russell Westbrook Dalam Debut Bersama Nuggets
Arki Dikania Wisnu Pamit dari Satria Muda
Nikola Jokic Belum Bisa Melupakan Olimpiade Paris
Satria Muda Kena Bantai 26 Poin! Harapan Pelita Jaya Masih Terjaga
Segan dengan LeBron, Warriors Tidak Jadi Rekrut Bronny
Menantikan LeBron dan Bronny Tampil Bersama
Celtics Pamer Tripoin di Abu Dhabi
Victor Wembanyama Mengagumi Caitlin Clark
Jokic-Doncic Minta NBA Global Games Digelar di Serbia dan Slovenia