IBL

Mungkin penggemar sneaker tahu cerita ini. Bahwa sepatu khas Devin Booker, Nike Book 1 mengalami kendala di awal peluncurannya pada akhir tahun 2023. Saat itu muncul kabar kalau Booker tidak suka desainnya, sehingga Nike melakukan perubahan. Namun setelah produk ini laku di pasaran, Nike kembali melakukan perubahan desain, yang akhirnya membuat penggemar sneaker kecewa. 

Penggemar basket terkenal plin-plan dalam memilih sepatu. Kasus ini terjadi pada sepatu khas pertama milik garda Phoenix Suns Devin Booker dari Nike. Awalnya, Nike Book 1 mengalami kendala saat diluncurkan, yang menyebabkan Booker mengakui adanya masalah pada sepatu basket debutnya. Meskipun banyak keluhan, sepatu basket Booker secara bertahap semakin populer sejak diluncurkan pada akhir tahun 2023.

Nike Book 1 memiliki desain yang unik, dengan ciri-ciri mirip seperti sepatu kasual biasa. Namun ada ciri yang paling diingat oleh para penggemar sneaker, yaitu di bagian belakang dibuat semacam pita berlapis yang tampak seperti halaman buku jika dilihat dari samping. Desain ini ternyata mendapatkan perhatian pasar, yang terlihat dari penjualan produknya.

Namun, tampaknya Nike belum selesai mengutak-atik model tersebut. Nike Book 1 dijadwalkan akan hadir dalam warna "Sunrise" di bulan Oktober. Dan, ini akan menjadi versi pertama tanpa elemen desain utama. Tidak seperti versi Nike Book 1 lainnya, warna "Sunrise" tidak menyertakan tali pengikat berpita yang didesain menyerupai halaman buku. 

Para penggemar di media sosial tidak senang dengan keputusan Nike untuk menghilangkan elemen desain tersebut. Banyak orang mengatakan bahwa itu adalah konsep keren yang juga berguna untuk dikenakan pada sepatu. Netizen yang awalnya mengkritik keputusan Booker, balik mendukungnya. Mereka berharap Nike mengembalikan tali pengikat di belakang sepatu seperti desain awal. 

Nike Book 1 Mirage V2 Ashen Slate. Foto: Sneaker Files

Ada dugaan bahwa inilah sepatu yang merupakan desain pertama Book 1 dari Nike. Di mana desain tersebut diprotes oleh Booker, karena dia menginginkan adanya tali pengikat di belakang seperti halaman buku. Karena sudah diproduksi, maka mereka menunda pemasarannya dengan membuat seolah-olah ada perubahan desain, atau pengembangan lebih lanjut dari edisi pertamanya.

Nike Book 1 "Sunrise". Foto: Sneaker News

Nike Book 1 "Sunrise" dijadwalkan akan dirilis pada 10 Oktober. Pembeli online dapat membeli sepatu basket performa tersebut seharga AS$140 dalam ukuran dewasa di situs web Nike. 

Meskipun desainnya kontroversial dan peluncurannya kurang memuaskan, Nike Book 1 telah menjadi populer di dunia basket. Sepatu ini dilengkapi dengan beberapa teknologi terbaik Nike dan merupakan salah satu dari sedikit sepatu basket yang mudah dikenakan di luar lapangan. Dengan semakin dekatnya musim NBA, penggemar basket dapat mengharapkan Booker untuk lebih meningkatkan koleksi sepatu khasnya tahun ini. (*)

Foto: X @SneakerNews

Komentar