IBL

Film atau serial dokumenter tentang basket akan semakin beragam. Kali ini giliran Scottie Pippen akan mengabadikan kisah hidupnya. Pippen mengungkapkan ia sedang dalam proses pembuatan serial dokumenter yang berfokus saat ia meraih gelar juara pada 1990-1991.

Pippen ingin menceritakan banyak hal melalui serial dokumenternya tersebut. Pada 1991 itu, Pippen pertama kalinya meraih gelar juara. Ia memiliki total enam cincin yang berhasil diraihnya selama 18 tahun di NBA.

“Saya pikir bola basket saat itu benar-benar menjadi awal dari sebuah dinasti dan hampir, saya ingin mengatakan, akhir dari dinasti hebat di Los Angeles Lakers, yang telah kita kenal selama bertahun-tahun di era 80-an sebagai Showtime,” ungkap Pippen melalui TMZ.

Dokumenter Pippen rencananya akan fokus pada Final NBA 1991 antara Lakers dan Chicago Bulls. Lakers diperkuat oleh Magic Johnson, Sam Perkins, James Worthy, dan Vlade Divac. Bulls masih memiliki Michael Jordan dan Pippen.

Lakers, yang diasuh oleh Mike Dunleavy itu, menjatuhkan Bulls di Gim 1. Itu adalah kemenangan satu-satunya Lakers dalam seri ini. Bulls menghantam Lakers di empat gim berikutnya. Jordan dan Pippen berhasil merengkuh gelar NBA pertamanya.

Tidak hanya sekedar gelar. Kemenangan Bulls mengakhiri dominasi Lakers yang berjaya pada era 80-an. Sebelumnya Lakers memenangkan gelar pada 1980, 1982, 1985, 1987, dan 1988. Setelah itu Lakers baru juara lagi pada 2000 di era Shaquille O’Neal dan Kobe Bryant.

Era 90-an menjadi milik Bulls. Selama satu dekade tersebut, Bulls menyabet enam gelar. Dominasi mereka hanya diusik oleh Houston Rockets yang juara beruntun pada 1994 dan 1995.

“Saya pikir dokumenter ini akan lebih banyak menceritakan tentang keseluruhan musim 1990-1991 itu. Saya bekerja dengan tim. Tetapi cita-cita saya adalah menceritakan seperti apa bola basket pada era 90-an dan perjalanan kami meraih gelar pertama itu,” lanjut No.5 NBA Draft 1987 itu.

Di sisi lain, basket era 90-an tersaji dalam seri dokumenter Michael Jordan, The Last Dance. Dokumenter basket lain yang segera rilis adalah Starting 5 di Netflix. Kemudian dokumenter Olimpiade Paris 2024. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar