IBL

Setelah pengunduran diri Adrian Wojnarowski yang mengejutkan, Shams Charania dan Jeff Passan menjadi kandidat kuat untuk masuk ESPN. Namun ada banyak nama lain yang jadi kandidat pengganti Wojnarowski, seperti Ramona Shelburne, Brian Windhorst, dan Tim Bontemps. Selain itu ada Jeff Passan, yang selama ini menjadi insider di MLB untuk ESPN. Terbaru dan juga jadi kabar yang mengejutkan, yaitu ESPN memberhentikan penulis senior NBA ESPN, Zach Lowe. 

Setelah Wojnarowski pensiun, para eksekutif ESPN telah memberinya tawaran sebagai konsultan. Sehingga orang baru nanti akan mendapatkan bimbingan dari Wojnarowski dan analis ESPN sekaligus mantan GM NBA Bobby Marks. 

Shams Charania. Foto: Complex

Shams Charania, akan lebih menjadi perekrutan plug-and-play untuk ESPN. Pasalnya selama ini ia bersaing langsung dengan Wojnarowski. Charania, yang kontraknya di The Athletic berakhir, juga diminati oleh pemegang hak siar NBA baru NBC. FanDuel TV juga ingin melanjutkan kerja sama dengan Charania. Ia baru-baru ini menandatangani kesepakatan untuk mengisi suaranya di NBA 2K. Ia sebelumnya bekerja untuk Stadium, tetapi tidak akan kembali ke tempat tersebut.

Di ESPN, Charania mendapat dukungan publik dari Pat McAfee, yang acaranya sering menampilkan Charania. Namun The Athletic berharap dapat mempertahankan Charania.

"Kami sama sekali tidak terkejut dengan ketertarikan terhadap Shams, yang liputannya yang sangat penting tentang NBA dan para pemain utamanya terus menjadi yang terdepan," kata Steven Ginsberg, editor eksekutif The Athletic, dalam sebuah pernyataan. "Kami bangga memilikinya sebagai kolega kami dan berkomitmen untuk memastikan ia tetap bersama The Athletic selama tahun-tahun mendatang."

Jeff Passan. Foto: ESPN 

Sementara, jika Charania tidak terpilih, ESPN sudah menyiapkan kandidat lainnya. Dia adalah Insider ESPN untuk MLB Jeff Passan. Dia telah muncul sebagai kandidat untuk beralih cabang olahraga untuk menggantikan Adrian Wojnarowski sebagai pembawa berita utama NBA di ESPN. 

Passan, mengikuti jejak yang sama dengan Wojnarowski dengan menjadi Insider Yahoo! Sports sebelum pindah ke ESPN. Menurut sumber yang mengetahui kontraknya, Passan menghasilkan sekitar AS$1 juta per tahun. Wojnarowski menyisakan AS$20 juta dalam kontraknya, saat ia meninggalkan dunia jurnalisme untuk menjadi manajer umum tim basket putra St. Bonaventure. Wojnarowski memperoleh sekitar AS$7 juta per musim.

Selain potensi pendapatan yang lebih besar bagi Passan, ESPN memiliki hubungan jangka panjang dengan NBA karena baru saja menandatangani perpanjangan kontrak selama 11 tahun untuk menjadi tuan rumah Final NBA. 

Sementara itu, hubungan ESPN dengan bisbol berada dalam tahap yang rapuh. ESPN memiliki opsi untuk tidak ikut serta dalam kontraknya saat ini, yang bernilai AS$540 juta per musim, yang diharapkan akan digunakan atau tidak akan digunakan pada akhir musim berikutnya. 

Meskipun ESPN dapat tetap berbisnis dengan MLB, hal itu tidak menjamin posisi Passan aman. ESPN memiliki kepentingan dalam hak lokal MLB, yang dapat menjadi tempat kedua belah pihak bersatu.

Selain Passan, ESPN memiliki orang dalam seperti Buster Olney dan Jesse Rogers di bisbol. Meskipun Passan menyadari adanya minat tersebut, menurut mereka yang diberi pengarahan tentang percakapan internal tersebut, tidak diketahui apakah ia akan menyetujui perubahan tersebut jika ditawarkan. (*)

Foto: CNBC

Komentar