IBL

Philadelphia 76ers mendatangkan salah satu agen bebas terbesar musim panas ini, Paul George. Untuk memperkuat daftar pemain, manajemen Sixers mengontrak bintang mereka Joel Embiid dengan perpanjangan kontrak yang nilainya besar. Saat 76ers meningkatkan peluang mereka untuk kembali meraih gelar NBA, perpanjangan kontrak Embiid menimbulkan pertanyaan mengenai kesehatannya saat waktu playoff tiba.

Masa depan Joel Embiid sudah dipastikan saat ia menandatangani perpanjangan kontrak tiga tahun senilai $193 juta. Itu merupakan puncak dari offseason yang fantastis bagi Sixers. Mereka telah melakukan beberapa langkah signifikan lainnya musim panas ini, entah itu dengan menambah pemain seperti Paul George, Caleb Martin, Andre Drummond dan banyak lagi, mempertahankan inti tim mereka tetap bersama atau menyetujui perpanjangan kontrak jangka panjang dengan Tyrese Maxey.

Embiid membuat janji berani dalam pernyataannya setelah menandatangani perpanjangan kontrak. Ia menulis bahwa ia ingin berada di Philadelphia selama sisa kariernya dan memberi tahu para penggemar bahwa mereka layak mendapatkan gelar juara.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kalian layak mendapatkan kejuaraan dan saya pikir kita baru saja memulai! #Percayai prosesnya." tulis Embiid.

Embiid memiliki masalah dalam menjaga kebugarannya. Menjelang akhir musim, mantan MVP itu jarang sekali berada di dekat seratus persen kondisinya. Pembawa acara SiriusXM NBA Radio, Brian Geltzeiler, membahas perpanjangan kontrak, dan juga mempertimbangkan seberapa rentannya Embiid terhadap cedera, serta bagaimana hal itu akan memengaruhi tim di kemudian hari. Geltzeiler mencoba menyikapi langkah Sixers ini dari kacamata penggemar. Terutama kekhawatiran mereka tentang kondisi fisik Embiid.

"Perpanjangan kontrak Joel Embiid ini, dalam banyak hal, merupakan kemenangan bagi Sixers. Kita hanya perlu bertanya-tanya apakah ini akan membantu Sixers menang. Saya selalu memberikan banyak pujian kepada Joel Embiid, atas kesediaannya untuk bermain kurang dari 100% di babak playoff," katanya.

Geltzeiler memuji ketangguhan dan keinginan Embiid untuk bermain, bahkan saat ia cedera seperti yang ia lakukan pada babak playoff terakhir. Ia juga menyebutkan betapa pentingnya bagi tim agar ia tetap sehat saat dibutuhkan.

"Namun, bagi Sixers, mereka harus memainkan babak playoff dengannya suatu tahun nanti, di mana ia akan menjadi pemain yang sehat. Entah ia bisa atau tidak. Sering kali, ia tidak bisa menjadi pemain yang sehat bagi Sixers."

Tahun lalu, Embiid mengalami cedera lutut yang membuatnya absen hingga paruh kedua musim. Sebelumnya, cedera pinggulnya dan menurut FoxSports, betis dan kakinya juga bermasalah. Jadi, kesehatan Embiid merugikan kesuksesan Sixers musim ini. Geltzeiler menunjukkan bagaimana Tyrese Maxey dapat mengambil alih sebagian beban ofensif. Namun, ia juga menekankan fakta bahwa George dan Embiid-lah yang akan mampu memimpin Sixers menuju kemungkinan juara.

Satu-satunya masalah dengan ini bukan hanya kesehatan Embiid, tetapi juga PG. Di usianya yang ke-34, George masih merupakan pencetak poin yang sangat handal. Namun, seiring berjalannya waktu, PG-13 juga telah mengalami banyak cedera di masa lalu. Jadi, bisakah Embiid dan George tetap sehat hingga babak playoff? Kita akan segera mengetahuinya.

Kabar baiknya adalah Sixers telah melakukan beberapa pergerakan musim panas ini yang dapat membantu Embiid tetap sehat. Andre Drummond dapat meringankan sebagian beban kerjanya. Selain itu, mereka merekrut Adem Bona, yang juga tampak seperti prospek yang menarik dan dapat menjadi bagian dari rotasi. (*)

Foto: whyy.org

Komentar