Percayalah bahwa pasar sepatu retro sekarang naik lagi. Tampaknya, Puma juga ingin meramaikan percaturan pasar sepatu retro di tahun 2024. Bulan lalu, Puma meluncurkan Clyde Og 75th Year Anniversary Celebration. Sementara satu sneaker lagi yang mencuri perhatian adalah Puma Speedcat, yang berulang tahun ke-25 tahun ini. 

Seperempat abad berlalu, Puma Speedcat dikenal sebagai sepatu eksklusif di kalangan para pembalap Formula 1 (F1) di era 80-an. Speedcat mulanya dirancang khusus untuk menemani para pembalap legendaris, seperti Stefan Bellof, Christian Danner, Manfred Winkelhock, Gerhard Berger, dan Hans-Joachim Stuck, berlaga di lintasan balap. 

Kemudian di tahun 1998, Puma Speedcat, akhirnya resmi diluncurkan secara komersil setelah menemani para tim juara dunia seperti Alfa Romeo, Scuderia Ferrari, dan Mercedes-AMG Petronas mengukir sejarah di lintasan balap F1. Mengunggulkan desain ramping dan aerodinamis, sepatu ini tak hanya memberikan performa maksimal, tetapi juga menjadi simbol kecepatan dan prestise.

Di era sekarang, Speedcat kembali mendapatkan ketenarannya bukan di arena balap. Speedcat dianggap sebagai fashion statement yang cocok untuk berbagai gaya dan suasana, mulai dari gaya sporty di trek balap, gaya streetwear, hingga gemerlap karpet merah di dunia fashion dan hiburan. 

Salah satu faktor yang menaikkan Speedcat di pasar sneaker adalah Rose BLACKPINK. Penyanyi pop asal Korea Selatan yang didapuk sebagai Global Brand Ambassador Puma tersebut sering terlihat memakai Speedcat. Rose pernah memamerkan gaya trendinya dengan pilihan Speedcat OG berwarna nude yang kabanya akan segera hadir di Indonesia. 

Model asal Amerika Serikat, Emily Ratajkowski, dengan mudah memadukan Speedcat merah dengan gaun rajutan, lalu beralih ke gaya kasual lewat perpaduan Speedcat hitam dan chore jacket berwarna merah muda. Di Indonesia, Speedcat ini digandrungi oleh lintas generasi, baik oleh Gen Z seperti aktor Jefri Nichol maupun Millenials seperti model Kelly Tandiono. Popularitas Speedcat di Indonesia dibuktikan dengan penjualan kilat di Footlocker Senayan City pada 19 September 2024. Speedcat habis terjualnya dalam waktu kurang dari satu jam. (*)

Foto: Puma Indonesia

Komentar