NBA Insider ESPN Adrian Wojnarowski setuju untuk menjadi manajer umum program bola basket putra di St. Bonaventure. Ini artinya reporter senior tersebut akan pensiun dari karier jurnalismenya, yang memenangkan penghargaan dan kembali ke almamaternya. 

Wojnarowski adalah alumni St. Bonaventure dan memiliki hubungan yang kuat dengan program tersebut, termasuk sebagai pengumpul dana untuk sekolah dalam beberapa tahun terakhir. Ia lulus dari sekolah di New York bagian barat pada tahun 1991 dan merupakan alumni terhormat dari Sekolah Komunikasi Jandoli.

"Saya gembira dan rendah hati untuk kembali ke St. Bonaventure dengan kesempatan untuk mengabdi kepada universitas, Pelatih Mark Schmidt , dan program basket putra Atlantic 10 yang elit," kata Wojnarowski. "Di masa-masa perubahan olahraga perguruan tinggi ini, saya ingin bergabung dengan program kejuaraan yang menggabungkan basket tingkat tinggi, liputan televisi nasional, persiapan pro, dan peluang NIL dengan lingkungan pendidikan yang akrab dan mendukung." 

Sebelum bekerja untuk ESPN, tempat ia bekerja sejak 2017, Wojnarowski bekerja untuk Yahoo Sports, tempat ia menghabiskan hampir 10 tahun, termasuk dua tahun sebagai editor The Vertical. Kariernya yang menonjol dalam jurnalisme mencakup hampir 10 tahun di The Record of New Jersey (tempat ia dua kali dinobatkan sebagai APSE Columnist of the Year), serta beberapa tahun di Fresno Bee dan Waterbury (Conn.) Republican-American.

Rekan-rekan Wojnarowski memilihnya sebagai Penulis Olahraga Nasional Tahun Ini versi National Sports Media Association pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Ia bergabung dalam daftar tokoh hebat yang telah memenangkan penghargaan tersebut setidaknya dalam tiga tahun berturut-turut adalah Red Smith, Jim Murray, Frank Deford, Rick Reilly, Bob Ryan, dan Tom Verducci. Wojnarowski adalah penulis buku terlaris New York Times "The Miracle of St. Anthony: A Season with Coach Bob Hurley and Basketball's Most Improbable Dynasty."

"Saya pensiun dari pekerjaan impian di ESPN dan sangat bersyukur atas waktu dan pengalaman saya dengan World Wide Leader," katanya.

Peran GM telah menjadi lebih umum dalam bola basket perguruan tinggi dalam beberapa tahun terakhir, karena portal transfer telah menjadikan pergantian pemain secara besar-besaran sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari olahraga tersebut. Peran tersebut meliputi alokasi nama, citra, dan kemiripan, perekrutan, dan dukungan terhadap pelatih Bonnies yang sukses, Mark Schmidt.

"Woj adalah orang yang tepat untuk mengisi peran baru ini, menggabungkan pengetahuan mendalamnya tentang St. Bonaventure dan nilai-nilai Fransiskan dengan jaringan hubungan mendalam yang telah dibangunnya di seluruh dunia basket profesional dan antar-perguruan tinggi," kata direktur atletik St. Bonaventure Bob Beretta. "Fakta bahwa jurnalis terkemuka di bidangnya bersedia meninggalkan karier media yang menguntungkan untuk melayani almamaternya dalam peran pendukung merupakan bukti cinta dan hasratnya terhadap Bona."

Setelah meninggalkan perpanjangan kontrak menguntungkan yang ditandatanganinya dengan ESPN pada tahun 2022, Wojnarowski kini ingin membalas budi universitas yang telah meninggalkan kesan yang tak terlupakan dalam hidupnya. Ia dan istrinya, Amy, telah menjadi donatur utama bagi program basket dan Sekolah Komunikasi Jandoli. (*)

Foto: Newsday.com

Komentar