Gubernur Toronto Raptors dan Ketua Maple Leafs Sports & Entertainment (MLSE) Larry Tanenbaum telah dipilih kembali oleh NBA sebagai Ketua Dewan Gubernur NBA. Tanenbaum telah menjabat posisi tersebut sejak terpilih pada tahun 2017 ketika ia menjadi orang Kanada pertama yang terpilih untuk jabatan tersebut.

Pengusaha Kanada berusia 79 tahun ini telah menjadi salah satu pemilik MLSE dan Raptors sejak 1998. Ia memulai proses penjualan sebagian kepemilikannya tahun lalu dan sekarang mempelopori perluasan WNBA ke Toronto dengan tim baru kota itu yang akan diluncurkan pada tahun 2026.

Posisi Tanenbaum di Dewan Gubernur menjadi topik penting karena gugatan hukum yang diajukan oleh New York Knicks yang menuduh bahwa Raptors dan anggota organisasi tersebut mencuri informasi hak milik dari Knicks selama musim panas tahun 2023. Dalam pernyataan yang diperoleh ESPN, Knicks mencatat bahwa tidak adil bagi komisaris NBA Adam Silver untuk membuat penilaian tentang situasi tersebut karena peran Tanenbaum sebagai Ketua Dewan.

"Saya senang Larry akan terus melayani liga sebagai Ketua Dewan," kata Komisaris NBA Adam Silver. "Kepemimpinan, bimbingan, dan dukungannya sangat saya hargai dan rekan-rekan serta para pengurus tim lainnya."

Berasal dari Toronto, Tanenbaum bertugas di sejumlah komite NBA sebelum menjadi Ketua, termasuk Komite Penasihat/Keuangan dari tahun 2008-2017 dan Komite Perencanaan dari tahun 2000-2014. 

"Saya merasa terhormat untuk terus menjabat sebagai Ketua Dewan Gubernur NBA guna membantu memainkan peran dalam memimpin liga yang hebat ini," kata Tanenbaum dikutip dari nba.com. "Saya berterima kasih kepada sesama gubernur atas dukungan mereka yang berharga dan saya berharap dapat bekerja sama dengan mereka masing-masing, dan Komisaris Silver beserta staf Kantor Liga, sembari kita terus mengembangkan dampak NBA pada permainan bola basket dan di komunitas kita."

Tanenbaum, salah satu tokoh olahraga paling berpengaruh di Amerika Utara. Sebagai Ketua MLSE, ia telah dikenal luas atas kepemimpinannya dalam membantu liga olahraga, tim profesional, dan pasar Kanada berhasil melewati kesulitan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Sebagai pengakuan atas kontribusinya di bidang filantropi, bisnis, dan kesukarelaan, Tn. Tanenbaum diangkat sebagai Officer of the Order of Canada pada tanggal 25 Oktober 2007. Order of Canada adalah inti dari sistem kehormatan Kanada dan merupakan penghargaan sipil tertinggi. (*)

Foto: nba.com

Komentar