Los Angeles Lakers mengumumkan bahwa akan ada perubahan di seragam tim untuk NBA 2024-2025. Salah satunya, Lakers akan memberikan penghormatan kepada ikon NBA Jerry West dengan menyematkan nomor 44 di seragamnya. West, yang menjadi inspirasi logo NBA, telah memenangkan sembilan gelar bersama Lakers baik sebagai pemain maupun di manajemen tim sepanjang kariernya.

Pada hari Selasa (10/9) waktu Amerika Serikat, Lakers meluncurkan pita nomor 44 yang akan dikenakan di bahu kiri seragam mereka musim ini. West, yang bermain untuk Lakers sebelum bekerja sebagai pelatih dan eksekutif di organisasi tersebut, meninggal pada bulan Juni . Ia meninggal dalam usia 86 tahun.

NBA dan Lakers telah memberikan penghormatan kepada West dengan berbagai cara sejak kematiannya. Liga tersebut menyediakan tempat duduk di tepi lapangan untuk mengenangnya di pertandingan Summer League pada bulan Juli. Boston Celtics dan Dallas Mavericks memberikan penghormatan kepadanya sebelum Gim 3 Final NBA. 

West, yang menjadi inspirasi logo NBA, adalah salah satu nama terbesar dalam sejarah liga tersebut. Ia bermain selama 14 musim untuk Lakers, menjadi All-Star di setiap musim saat ia bermain, dan mencetak rata-rata 27 poin per pertandingan. Ia membantu memimpin tim tersebut meraih gelar pada tahun 1972, dan ia dinobatkan sebagai NBA Finals MVP pada tahun 1969 meskipun Lakers kalah dalam seri tersebut. 

West berhasil mencapai Final sebanyak sembilan kali sebagai pemain, dan ia dilantik ke dalam Naismith Basketball Hall of Fame pada tahun 1980.

Foto: ESPN

West menghabiskan tiga musim sebagai pelatih kepala Lakers sebelum ia pindah ke kantor pusat mereka. Selama di sana, ia membangun Lakers "Showtime" yang memenangkan lima kejuaraan pada tahun 1980-an. Ia juga membangun tim Lakers di sekitar Kobe Bryant dan Shaquille O'Neal yang memenangkan tiga kejuaraan berturut-turut dari tahun 2000-2002.

West juga bekerja di kantor pusat Memphis Grizzlies dan bekerja sebagai anggota dewan di Golden State Warriors dan Los Angeles Clippers . Ia akan dilantik ke dalam Hall of Fame lagi sebagai kontributor, yang menjadikannya orang pertama yang dilantik untuk kedua peran tersebut. Ia juga menerima Presidential Medal of Freedom pada tahun 2019. (*)

Foto: X@Lakers

Komentar